4 kesenian tradisional di indonesia

4 kesenian tradisional di indonesia

Kesenian merupakan salah satu nilai hasil karya cipta pemikiran manusia untuk memperindah lagi kehidupan. Kesenian pada hakikatnya merupakan sebuah hasil dari kebudayaan dan peradaban manusia pada masanya. Sehingga, setiap tempat dan suku bangsa di Indonesia dipastikan memiliki kesenian khas tradisionalnya yang sarat akan nilai-nilai kehidupan. Ternyata disamping diminati dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia sendiri, kesenian tradisional Indonesia juga ada yang sampai mendunia dan sangat digemari oleh masyarakat

1.Batik
Batik merupakans alah satu karya tangan kesenian bangsa setiap daerah di Indonesia.Setiap daerah di indoensia mempunyai ciri khas batik sendiri baik dari bahan atau motifnya. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi

2.Alat Musik : Gamelan (Jawa), Angklung (Sunda)
Gamelan merupakan satu set alat musik yang berasal dari tanah Jawa Gamelan merupakan salah satu kesenian yang cukup terkenal di luar negeri, contohnya ada banyak kelompok gamelan di negara Amerika. Gamelan juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran di beberapa negara lainnya.
Angkung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari sunda. Bisa dikolaborasikan dengan alat musik lainnya karena bisa dimainkan dengan notasi diantonis. Hal tersebut semakin membuat alunan musik angklung menjadi sangat renyah di dengar.

3. Tarian : Saman (Aceh) dan Tari Pendet (Bali)
Tari Saman merupakan seni tari dari Aceh yang sangat menarik, karena kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari yang menampilkan Tari Saman dapat mempertunjukkan gerakan yang serentak, dan mengikuti irama musik yang harmonis.
Tari Pendet berasal dari Bali yang merupakan tari pemujaan yang dilakukan umat Hindu di tempat ibadahnya, pura, dalam ucapara keagamaan. Tarian ini dilakukan sebagai penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Makanya, ada banyak gerakan yang mengandung nilai-nilai kesakralan dan religius dalam tarian ini.

4. Wayang
Wayang merupakan pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang. Budaya tersebut merupakan hasil b=kebudayaan pada masa kerajaan Hindu-Budha.
Budaya pagelaran Wayag telah ditetapka oleh UNESCOsebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *