Jenis – Jenis Teknologi Biometrik Sensor

Jenis – Jenis Teknologi Biometrik Sensor

Teknologi merupakan salah satu bahasan yang sangat menarik untuk terus diulas. Perkembangan dan kemajuan zaman telah menuntut bidang ini untuk terus menjawab tantangan dan kebutuhan pasar dengan terus melakukan pengembangan. Salah satu terobosan baru yang hadir di dunia teknologi adalah teknologi biometri sensor.

Teknologi biometri sensor, sebuah teknologi yang akan mensensor seseorang berdasarkan organ tubuhnya. Saat ini teknologi biometri sensor ini dapat membantu mengamankan benda ataupun ruangan serta merekam data misalkan kehadiran seseorang dengan sangat efektif. Ada beberapa Jenis – jenis teknologi biometrik sensor, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Biometrik pengenal sidik jari, mesin teknologi biometrik sensor jenis ini paling banyak digunakan dikalangan masyarakat. Teknologi jenis ini digunakan untuk alat perekam absensi di beberapa kantor dan instansi, selain dari itu biometrik jenis ini jug dapat digunakan untuk akses masuk kedalam ruangan ataupun gedung. Cara kerja biometrik jenis ini adalah merekam pola sidik jari yang dimiliki oleh seseorang. Dalam mesin jenis ini digunakan scaner dan perangkat lunak.
  2. Biometrik pengenal wajah, biometrik jenis ini berfungsi untuk mengidentifikasi wajah seseorang sebagai alat pengenal. Data yang digunakan pada biometrik jenis ini adalah bentuk wajah dan posisinya. Dalam perangkat jenis ini terdapat kamera yang dapat menangkap bentuk wajah seseorang.
  3. Biometrik pengenal retina atau iris, teknologi biometri jenis ini merupakan teknologi yang paling akurat. Hal ini dikarenakan data yang digunakan pada biometri jenis ini adalah mata khususnya bagaian retina, dimana pada bagain tersebut terdapat lapisan pembuluh darah mata yang memiliki struktur yang berbeda pada setiap manusia. Penggunaannya adalah anda harus memusatkan pandangan pada satu titik dan menahannya dalam waktu beberapa detik agar gambar mata dapat diambil dengan baik.

Keseluruhan kerja perangkat teknologi biometrik sensor tersebut diatas akan membandingan data yang diambil saat itu dengan data yang telah tersimpan dalam memori alat. Jika data itu sesuai maka anda akan terverifikasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *