Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu minyak kelapa murni atau dalam bahasa Inggrisnya Virgin Coconut Oil? Mungkin sebagian orang sudah tahu yang dimaksud dengan minyak kelap alami. Yaitu minyak yang dihasilkan dari saripati kelapa yang telah di ekstrak, biasanya orang tua zaman dulu sering membuat minyak kelapa untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk pengobatan tradisional. Penggunaan minyak kelapa jika dimanfaatkan dengan baik, maka sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saja sebagai pengobatan tradisional, digunakan untuk memasak, untuk kecantikan, dan lain sebagainya. Kita juga sudah tahu saat ini banyak produk kecantikan yang memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan utamanya, dikarenakan minyak kelapa tersebut sangat baik untuk kulit ataupun metabolisme dalam tubuh.

    Sekiranya kita hanya mengenal minyak kelapa sebagai minyak untuk menggoreng atau menumis masakan saja, berbeda dengan minyak dalam kemasan pabrikan. Minyak kelapa buatan sendiri lebih bagus dan berkualitas, karena tidak mengandung bahn-bahan tambahan lainnya, sehingga alami dan memiliki manfaat khusus. Untuk membuat minyak kelapa itu sendiri tidaklah sulit, hanya dibutuhkan kelapa segar yang sudah matang atau tidak terlalu muda, kemudian daging buah kelapa tersebut di parut dan diberi sedikit air, kemudian santan yang dihasilkan di masak dengan menggunakan api sedang. Setelah itu, proses memasaknya pun membutuhkan waktu yang relatif lams, sehingga harus selalu di aduk sesering mungkin. Jika air santan tersebut sudah matang, air yang terkandung didalamnya akan menguap dan menyisakan minyak kelapa dan endapan dari minyak kelapa tersebut disebut “galendo” atau ampas dari minyak tersebut, rasanya gurih dan legit. Setelah dingin, kemudian siapkan botol bersih dan tuangkan minyak sedikit demi sedikit kedalam botol, tutup rapat dan simpan. Minyak tersebut bisa digunakan untuk memasak atau untuk pengobatan tradisional, seperti melembabkan kulit kering, meringankan bekas luka bakar, sebagai pelembab untuk tumit kaki yang kering dan pecah-pecah, melembabkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe, sebagai minyak urut dan sebagainya.

    Minyak kelapa tersebut sering dimanfaatkan oleh orang tua sebagai pengobatan atau untuk memasak, rasanya yang gurih, aromanya wangi khas buah kelapa, serta menyehatkan tubuh karena minyak kelapa murni tidak mengandung kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh. Untuk itu, minyak kelapa tersebut harganya mahal dan jarang sekali kita temukan, kecuali membuatnya sendiri atau memesannya secara langsung kepada pembuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *