Dampak Terhadap Penggunaan Media Sosial

Teknologi yang benar-benar sudah masuk ke dalam kehidupan seseorang sangat berdampak besar terlepas dari positif atau negatifnya sudah dirasakan bisa menggantikan hal lain yang ada dalam kehidupan seseorang ketika salah satu teknologi yang benar-benar nyata hadir pada kehidupan seseorang adalah teknologi informasi yang dengan mudahnya bisa diakses melalui smartphone atau hp pintar yang kemudian ini menjadi barang yang tidak bisa lepas dari tangan seseorang baik itu anak-anak remaja atau dewasa tetapi perlu diwaspadai dengan adanya teknologi informasi ini untuk selalu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang benar ketika salah satu yang paling utama dan banyak digunakan oleh para remaja saat ini adalah penggunaan melalui smartphone dengan memakai media sosial.

dampak media sosial

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan manfaat positif dari media sosial ini. Ini pertanyaan yang sangat penting harus dijawab oleh para pemerhati khususnya bagi para remaja yang ingin dalam kehidupannya mendapatkan segala sesuatu yang diinginkannya tetapi masih dalam koridor positif ketika media sosial tidak ubahnya ketika kita membicarakan media yang meng hubungkan satu orang dengan orang lain sehingga dengan adanya media sosial ini orang bisa terhubung dengan orang lain tanpa melihat jenis kelamin, pendidikan, usia, dan lain sebagainya.

Dengan kemudahannya mencari teman dan berteman dengan orang yang baru melalui media sosial menjadikan orang muda walaupun dalam keadaan sendiri di rumah tetapi bisa berkomunikasi dengan orang lain di luar rumah tanpa melihat jarak apakah itu dekat atau jauh. Tetapi terkadang ada juga kendala yang dihadapi oleh para remaja ketika menggunakan media sosial media sosial yang ada saat ini banyak pilihannya mana yang akan digunakan untuk menemani keseharian seseorang.

Bagi kamu para remaja yang sedang belajar di sekolah tentu harus memperhatikan mana yang penting dalam penggunaan media sosial ketika media sosial ini bisa menunjang kegiatan belajarnya atau tidak sebab tanpa disadari apabila kebiasaan penggunaan media sosial ini tidak dibatasi atau memiliki tujuan tertentu pada akhirnya hanya akan mendapatkan kesia-siaan.

Ada banyak dampak terhadap penggunaan media sosial yang bermanfaat positif yang bisa didapatkan oleh kamu para remaja ketika menggunakan media sosial antara lainĀ  adalah:

  1. mendapatkan teman baru.

Tentu sebagaimana kita ketahui bahwa media sosial adalah tempat yang tepat untuk mencari teman baru yang belum pernah kita temui, sehingga siapapun yang kamu cari dan ingin dijadikan teman dengan mudah tinggal klik tambahkan teman besok lusa akan bisa menjadi teman kamu.

2. Menambah ilmu.

Tidak hanya di bangku kelas atau melalui mata pelajaran saja ilmu yang bisa didapatkan oleh kamu saat sekolah, tetapi melalui media sosial ada begitu banyak informasi yang bisa didapatkan dengan banyaknya informasi itu bisa dipilih dan di pilah mana yang bermanfaat atau tidak karena dengan banyaknya tersebut dan bisa memilih mana yang positif dan negatif. Akan menentukan sendiri oleh karena itu jadikanlah media sosial yang kaya akan informasi tersebut bisa menambah wawasan selain yang didapatkan dari bangku sekolah saking banyaknya informasi yang ada di media sosial ini tidak terlepas dari masalah pendidikan, ekonomi, bisnis dan lain sebagainya. Oleh karenanya kamu para remaja yang sedang mencari atau menggunakan media sosial janganlah sia-siakan waktumu hanya untuk berkomunikasi saja tetapi kali informasi melalui media sosial tersebut.

3. Mencari sahabat lama selain dengan mencari teman yang baru yang memang belum pernah ditemui juga fungsi media sosial akan memberikan manfaat kepada kamu mengenai keberadaan sahabat dulu yang pernah bersama-sama baik ketika di waktu sekolah dasar ataupun masih kecil, tinggal mengetikkan namanya saja dan alamatnya mekah memungkinkan akan menghadirkan nama-nama yang dicari kalau memang sahabat yang dimaksud tampil baru kemudian kamu akan bisa terhubung dengan. Oleh karena itu manfaat lain yang dirasakan dari media sosial saat ini adalah bisa berhubungan kembali dengan sahabat yang dulu pernah dekat dengan kamu dengan adanya manfaat-manfaat tersebut memang tidaklah cukup tergantung dari bagaimana penggunaan seseorang dalam menggunakan media sosial.
Oleh karena itu dengan banyaknya dampak terhadap penggunaan media sosial ini haruslah lebih bijak ke arah mana kamu akan menggunakan media sosial tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *