4 Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Menjadi PNS

Saat ini untuk mendapatkan sebuah pekerjaan sangatlah sulit dikarenakan mempunyai saingan yang sangat banyak. Selain itu, kualifikasi sebuah pekerjaan juga sekarang ini tergolong sangat tinggi dan membuat beberapa orang menciut nyalinya sebelum mencoba melamar sebuah pekerjaan. Bukan hanya itu saja, meski dengan deretan gelar yang sudah dimiliki oleh seseorang, nilai pendidikan yang tinggi dan juga pendidikan yang mapan serta faktor keberuntungan juga menjadi penentu bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Meski tergolong sangat sulit, untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga tanggung jawab yang besar bagi mereka yang telah menjadi kepala keluarga tentu akan mencari solusi dengan segala cara untuk mendapatkan pekerjaan.

 

Di antara banyaknya profesi yang ada di Indonesia, pegawai negeri sipil merupakan salah satu terfavorit bagi masyarakat yang ada di Indonesia. Menjadi seorang pegawai negeri sipil tidaklah mudah, persaingan yang sangat banyak serta posisi pekerjaan yang ditawarkan juga sangat sedikit dan menjadi sebuah dilema bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan kabarnya ada juga yang rela membayar ratusan juta untuk mendapatkan gelar PNS. Meski begitu, ada beberapa alasan yang sangat kuat sekali mengapa banyak orang di Indonesia masih tetap ingin menjadi seorang pegawai negeri sipil. Berikut ini adalah ulasannya.

 

  1. Tunjangan yang menjanjikan

Gaji seorang pegawai negeri sipil memang terbilang kecil jika kita bandingkan dengan karyawan swasta. Namun tunjangan yang akan didapatkan oleh pegawai negeri sipil tidak bisa dipandang sebelah mata sebab banyak sekali tunjangan yang disediakan oleh pemerintah bagi pegawai negeri sipil seperti tunjangan anak istri, tunjangan fungsional, gaji ke 13, sertifikasi guru dan yang yang lainnya.

2. Jam kerja yang santai

Mungkin kita akan bertanya-tanya tentang jam kerja yang santai ini. Cobalah kita survei dengan melihat suasana yang ada di lingkungan kerja ataupun di kantor-kantor pemerintahan. Jika kita masih tidak percaya, cobalah kita survey melalui anak yang magang di kantor-kantor pemerintahan dan biasanya anak SMK ataupun anak kuliahan yang tugas di lapangan akan mengetahui banyak tentang kerja PNS yang santai sehingga banyak sekali masyarakat yang menginginkan pekerjaannya menjadi pegawai negeri sipil.

3. Tidak perlu memikirkan masa tua

Hal inilah yang sangat disukai oleh banyak orang yang menginginkan profesi sebagai pegawai negeri sipil. Sebagai Abdi Negara pegawai negeri sipil akan tetap mendapatkan gaji seperti orang yang masih bekerja saat mereka sudah pensiun. Mereka tidak perlu memikirkan penghasilan di masa tuanya. Dengan uang pensiunan tersebut, pegawai negeri sipil tetap bisa hidup layak dan juga bisa menggunakannya untuk modal berwirausaha.

4. Persentase PHK yang super kecil

Bagi kita yang bekerja di suatu perusahaan, PHK merupakan momok yang sangat besar sekali yang selalu menghantui. Apalagi jika perusahaan tersebut mempunyai rencana perampingan, pahit dan yang lainnya. Namun hal ini tentu saja tidak berlaku bagi pegawai negeri sipil. Mereka telah dilindungi oleh undang-undang kepegawaian, peraturan pemerintah, peraturan Bupati, peraturan menteri dan peraturan-peraturan yang lainnya. Jika seorang pegawai negeri sipil melakukan kesalahan, biasanya hanya akan dimutasi saja ataupun dipindahkan lokasi kerjanya. PHK akan dilakukan jika pegawai negeri sipil tersebut melakukan kesalahan yang sangat besar ataupun patal seperti melanggar undang-undang dan ini biasanya sangat jarang sekali terjadi di lingkungan pegawai negeri sipil dan hal ini juga yang membaut banyak masyarakat Indonesia yang ingin  menjadi PNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *