5 Strategi Sosial Media Marketing untuk UKM

UKM atau Usaha kecil Menengah merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini sering dipilih oleh masyarakat menengah ke bawah. Ada banyak kategori UKM yang saat ini sudah banyak sekali dipilih baik dalam jenis bisnis jasa maupun dalam jenis bisnis produksi. Perkembangan  era globalisasi dalam ranah internet saat ini mampu membantu setiap pelaku bisnis UKM di berbagai tempat. Ada cukup banyak strategi yang bisa diterapkan dalam mengembangkan UKM melalui internet, dan berikut akan saya paparkan 5 strategi sosial media marketing yang tepat untuk mengembangkan bisnis UKM baik dalam bidang jasa maupun produksi.

1 . Lakukan Promosi Melalui Media Sosial

Salah satu strategi marketing bisnis yang paling vital ialah promosi. Saat ini setiap orang yang menggeluti bisnis UKM bisa melakukan promosi melalui berbagai media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Promosi di media sosial ini mudah sekali untuk dilakukan oleh setiap orang karena anda cukup dengan membuat dan mengupdate produk atau jasa anda yang dibagikan pada sarana tersebut. Akan tetapi, lakukanlah promosi melalui media sosial secara berkala agar tidak mendapatkan laporan spamer dari pengguna media sosial lainnya. Lakukan secara bertahap dan berkala serta hindari update dan promosi secara berlebihan.

2 . Jalin Komunikasi yang Baik

Menjalin komunikasi melalui media sosial akan berdampak baik untuk usaha yang saat ini tengah anda kembangkan. Selain sangat bermanfaat untuk meraih pelanggan, menjalin komunikasi ini akan sangat baik juga dalam mendapatkan relasi. Relasi merupakan salah satu jalan yang sangat baik untuk mengembangkan usaha karena jika relasi tertarik pada bisnis anda maka besar kemungkinan mereka akan menjadi investor untuk bisnis yang saat ini tengah anda kembangkan. Mengembangkan UKM melalui sistem online merupakan salah satu strategi yang sangat tepat karena tidak memerlukan biaya yang besar.

3 . Tawarkan Potongan Harga untuk Memancing Pelanggan

Diskon adalah salah satu cara yang ampuh dalam memancing para pelanggan baru maupun pelanggan lama untuk belanja di tempat anda. Dengan adanya media sosial, anda bisa menawarkan produk maupun jasa dengan potongan diskon melalui tempat tersebut. Dengan demikian akan ada banyak orang yang melihat dan tertarik. Sesuaikan diskon dengan potongan harga yang menguntungkan kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Diskon adalah salah satu penawaran yang sudah terbukti mampu menarik perhatian banyak orang untuk belanja.

4 . Menarik Konsumen Potensial

Konsumen potensial adalah seorang konsumen yang tampak terlihat tertarik untuk melakukan pembelian atau membutuhkan produk maupun jasa yang anda tawarkan. Ada banyak cara menarik konsumen potensial dari mulai menariknya melalui penawaran produk berkualitas, penawaran produk promo atau diskon dan beberapa cara lainnya. fokuslah pada konsumen yang memiliki potensi yang sangat tinggi dalam memberikan keuntungan bagi bisnis anda. Peningkatkan pelayanan dan kualitas produksi bisa memiliki banyak sekali manfaat dalam menarik konsumen baru bagi setiap pelaku bisnis.

5 . Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Produk

Kualitas pelayanan maupun produk merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Pelayanan maupun produk adalah aset anda yang harus terus dilindungi dan ditingkatkan agar menarik peminat konsumen. Dengan kualitas yang sangat bagus, tentunya konsumen anda bisa akan merasa puas dan kabar pun akan disebarkan oleh para konsumen potensial anda kepada masyarakat yang jauh lebih luas. Dengan demikian, melayani satu orang konsumen dengan pelayanan yang memuaskan sama dengan melakukan pelayanan bagi calon konsumen lainnya karena dari mulut ke mulut perusahaan anda akan dikenal orang banyak karena pelayanan yang sangat baik.

5 strategi sosial media marketing di atas bisa anda terapkan untuk mengembangkan bisnis UKM yang saat ini tengah anda geluti. UKM merupakan salah satu jenis bisnis atau usaha yang saat ini menarik banyak peminat usaha di berbagai tempat. Ada banyak sekali jenis UKM yang saat ini sudah dikenal oleh banyak orang dari mulai bisnis dalam bidang fashion, kuliner, jasa dan beragam jenis usaha lainnya yang tidak memerlukan modal besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *