5 Strategi Sosial Media Marketing yang Mampu Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Sosial media adalah salah satu sarana yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang di negara kita. Ada banyak kategori media sosial yang kerap digunakan oleh masyarakat luas. Namun tahukah anda, ternyata sarana yang satu ini kini sudah digunakan oleh setiap pelaku usaha untuk meningkatkan keuntungan bisnis dan mengembangkannya. Ada 5 strategi sosial media marketing yang dapat dioptimasikan pada suatu bisnis. Bagi anda yang saat ini tertarik untuk menerapkan strategi marketing melalui media sosial, berikut ini akan saya paparkan kelima strategi tersebut sebagai referensi bisnis.

1 . Lakukan Promosi Melalui Media Sosial

Promosi merupakan salah satu strategi yang paling jitu dalam mengembangkan suatu bisnis. Anda bisa memberitahukan promo yang saat ini tengah anda gelar melalui media sosial. Promo berupa potongan harga diskon yang kerap ditawarkan. Promosi dengan potongan harga ini mampu menarik perhatian setiap konsumen baik konsumen yang baru maupun konsumen – konsumen yang sudah lama. Menarik perhatian konsumen melalui promo pemotongan harga ini sudah terbukti ampuh bagi setiap pelaku bisnis untuk menarik konsumen. Sesuaikan potongan harga yang diberikan pada konsumen agar tetap menguntungkan untuk bisnis yang anda jalankan tersebut.

2 . Jalin Relasi Melalui Media Sosial

Selain digunakan untuk menarik konsumen baru, media sosial bisa anda gunakan sebagai pilihan tepat dalam menjalin relasi dengan orang yang pada nantinya mampu diajak bekerjasama dalam membangun usaha bersama seperti investor. Maka dari itu, aktiflah dalam media sosial guna mengoptimalisasi strategi marketing anda melalui sistem online. Strategi ini penting sekali untuk dilakukan karena relasi memiliki peranan yang juga sangat penting untuk kemajuan usaha yang saat ini tengah anda kembangkan. Jalin lah komunikasi secara baik dengan setiap orang yang bisa menjadi relasi dan konsumen anda pada nantinya.

3 . Dengarkan Apa yang Disampaikan Konsumen

Hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para pelaku bisnis ialah mendengarkan apa yang disampaikan oleh konsumen. Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan salah satu strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha. Misalnya jika anda menjual produk kuliner, lalu ada konsumen yang membutuhkan produk yang anda jual akan tetapi konsumen tidak dapat menjangkaunya, maka pertimbangkanlah untuk memiliki sistem delivery order agar para konsumen bisa mendapatkan barang yang anda jual tersebut.

4 . Reaksi Cepat dan Efektif

Bagi yang ingin mengembangkan bisnis melalui sistem online markating, rekasi cepat dan efektif merupakan salah satu langkah yang perlu anda perhatikan. Respon lah para konsumen secara cepat agar mereka puas dalam pelayanan yang anda berikan. Respon cepat merupakan salah satu strategi yang paling tepat bagi para pelaku bisnis dalam hal pelayanan. Bagi anda yang memiliki akun bisnis melalui twitter, facebook dan yang lainnya, lakukanlah promosi melalui media sosial secara berkala agar tidak mendapatkan laporan spam dari para pengguna media sosial lain. Laporan spam ini tentunya akan berdampak buruk bagi bisnis anda maka usahakanlah update promosi secara berkala.

5 . Membangun Sebuah Fans Club

Buatlah sebuah fans club untuk toko online yang anda miliki jika sudah memiliki banyak pelanggan. Hal ini memiliki tujuan untuk menjalin kedekatan antara konsumen dan owner serta memberikan informasi update promo atau update produk terbaru anda agar diketahui oleh para konsumen. Selain itu, anda bisa mengupdate juga harga diskon yang akan anda tawarkan pada konsumen. Sarana ini pun mampu anda jadikan juga sebagai sarana yang tepat agar konsumen memberikan testimoni atas kepuasan belanja di tempat anda. Testimoni hal yang paling penting agar menarik perhatian konsumen baru.

5 strategi sosial media marketing di atas bisa anda jadikan sebagai referensi yang bermanfaat dalam menjalankan suatu usaha. Bisnis online atau sistem online marketing saat ini merupakan strategi yang ampuh dalam mengembangkan suatu usaha baik dalam bidang produksi maupun bisnis jasa. Saat ini pengguna internet telah mencapai puluhan bahkan ratusan juta pengguna. Dengan demikian, kita bisa membidik calon pelanggan dengan lebih baik dengan jumlah pengguna internet yang sudah semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *