5 Strategi Sosial Media Marketing yang Benar dan Tepat

5 Strategi Sosial Media Marketing yang Benar dan Tepat

Melakukan promosi melalui media sosial itu bukan hal yang sulit, tapi juga bukan hal yang mudah. Meski terlihat mudah, tapi ketika mempraktikannya banyak halangan dan rintangan yang harus dilalui. Maka, ada baiknya Anda belajar 5 strategi sosial media marketing yang baik agar kegiatan promosi berhasil dan tepat sasaran.

Anda wajib memahami poin-poin penting dalam melakukan promosi, sehingga tidak salah mengambil langkah dan menjadikan putus asa. Jika Anda masih awam dengan cara promosi melalui jejaring sosial, perhatikan ini terlebih dahulu. Sedikit-sedikit dapat menambah ilmu pemasaran Anda yang bisa membawa kemajuan dalam bisnis yang Anda bangun.

Ketahui 5 Strategi Sosial Media Marketing yang Tepat

  1. Ukur tujuan dan ketahui tujuan marketing

Sebelum memanfaatkan media sosial untuk promosi, pahami dulu tujuan Anda. Apa yang ingin Anda kenalkan, apakah produk atau perusahaan. Anda harus fokus terhadap tujuan tersebut, lalu ukurlah setiap langkah yang Anda ambil saat promosi. Catatlah semua program yang Anda gunakan dan cek list.

2. Kenalilah karakter audience

Audience sangatlah penting pada proses promosi, Anda harus mengenali karakter mereka untuk menentukan langkah pemasaran yang tepat. Ketahui bisnis, minat atau kesukaan mereka secara spesifik, semakin spesifik akan semakin baik. Buat suatu rincian dari usia, hobi, ketertarikan pada bidang tertentu dan lain sebagainya.

3. Perhatikan dan awasi kompetitor Anda

Jangan pernah lengah itulah salah satu dari 5 strategi media sosial marketing. Anda harus tetap waspada dan tahu kegiatan saingan atau kompetitor Anda. Perbaiki cara promosi jika Anda berada di bawah kompetitor. Pelajari semua aktivitas yang mereka lakukan dan belajarlah kiat sukses dari yang telah mereka lakukan. Tapi, tetap bersaing sehat dan berusaha keras.

4. Pilih sosial media yang tepat

Anda dapat menggunakan lebih dari satu media sosial dan piliha paling diminati oleh wilayah marketing Anda. Twitter, Facebook dan Instagram merupakan jejaring sosial yang paling diminati di negara ini bahkan dunia. Nah, buatlah fans page khusus produk Anda. Kalau sudah kewalahan, cari admin untuk masing-masing akun media sosial yang Anda miliki.

5. Bangun perencana konten

Kekuatan kata-kata adalah sesuatu yang penting, maka perencanaan konten harus dibuat secara matang. Buatlah sebuah materi khusus edukasi untuk mengembangkan promosi Anda dan membuat audience tertarik untuk mengikuti perintah Anda. Sajikan gambar terbaik dan video yang sesuai kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *