Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Singkat dan Menarik untuk Didengarkan

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Singkat dan Menarik untuk Didengarkan

Contoh pidato hari kemerdekaan singkat akan Anda cari saat diminta memberikan sambutan di acara peringatan hari HUT RI itu. Sebagai pemberi sambutan, Anda tentunya ingin menyampaikan kata-kata yang informatif, mudah dimengerti dan banyak yang antusias mendengarkannya. Untuk itu, Anda mesti banyak berlatih dan rangkailah kata-kata yang ingin disampaikan.

Jika masih bingung, Anda bisa membaca contoh-contoh pidato tentang HUT RI yang menarik. Lebih baik singkat saja, karena kebanyakan orang tidak suka terlalu lama mendengarkan pidato. Mereka biasanya mau mendengarkan pidato karena ingin menyaksikan acara intinya. Anda bisa mengambil contoh di bawah ini.

Assalamualaikum Wr. Wb. , Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati serta rekan-rekan sekalian yang saya banggakan dan muliakan.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan YME. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dengan tema “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Seperti yang kita semua tahu bahwa setiap tanggal 17 Agustus, Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Terutama dengan mengadakan upacara bendera untuk menaikkan sang saka Merah Putih dan menghormati jasa para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah. Sehingga, kita bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.

Tapi, rasa kemerdekaan diartikan berbeda oleh generasi jaman sekarang yakni hanya dimaknai setiap tanggal 17 Agustus saja. Argumen ini dirasa kurang tepat karena kemerdekaan sendiri tak hanya saat peringatan hari kemerdekaan RI saja, tetap setia hari yang kita lalu bersama di Negera Indonesia Tercinta ini.

Oleh karena itu, jangan hanya pada tanggal 17 Agustus saja, kita membicarakan tentang semangat persatuan, bela negara dan menghargai jasa para pahlawan. Namun, setiap hari sikap kita maupun perkataan yang kita ucapakan haruslah mencerminkan semua itu. Jika diri kita diliputi rasa cinta tanah air yang besar, maka kita dapat mempertahankan Negara ini dengan seluruh kehormatannya dan takkan ada bangsa lain yang berani menjajah kita lagi.

Sekian kalimat yang bisa saya sampaikan di pagi yang semangat ini, semoga bisa berguna dan tertanam pada hati kita semua, khususnya para generasi muda. Jika ada salah-salah kata, saya mohon maaf.

Wassalamau’alaikum Wr. WB.

Itulah contoh pidato hari kemerdekaan yang efektif dan bisa melekat di hati para pendengarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *