Makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Banyak sekali makanan yang bisa dimakan agar tetap sehat untuk menjaga kebugaran tubuh seseorang. Salah satunya adalah makanan yang mampu menjaga kesetabilan ibu hamil dalam mengonsumsinya. Ibu hamil merupakan seseorang yang sedang mengandung bayi didalam perutnya dari mulai 0 bulan hingga 9 bulan atau bahkan lebih jika abnormal. Proses hamil pertama terjadi karena ada pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum yang kemudian menyatu dan membelah menjadi satu yang terkuat diantara jutaan sel sperma lainnya.

Maka dari itu jika anda hamil alangkah baiknya anda dapat mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kandungan anda.  makanan penambah berat badan bayi sangatlah banyak, makanan sehat untuk ibu hamil bisa didapatkan dari beberapa macam buah dan sayuran atau jenis lainnya yang dapat bermanfaat bagi tubuh dan janinnya. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang dapat menjaga ketahanan tubuh dan janinnya, yaitu:

  1. Minyak zaitun.

Minyak ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil ketika diolah menjadi olahan yang baik. Minyak ini bermafaat untuk menghilangkan kerutan dikulit tubuh dan mampu mehaluskan kulit sehingga menjadi rata dan kencang serta lembab. Biasanya orang yang sedang hamil akan mengalami proses regenerasi kulit menjadi kusam maka dari itu agar kulit tidak kusam gunakan minyak ini sebagai makanan yang bisa dikonsumsi dengan pengaturan waktu yang teratur.

Tentunya sayuran sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Didalam sayuran terdapat banyak vitamin dan zat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin ibu. selain itu juga sayuran mampu menjadi makanan yang dapat membantu otak bayi didalam janin menjadi cerdas. Berikut ini adalah sayuran yang bisa dikonsusmi:

Kangkung dipercaya dapat meningkatkan darah bagi orang  yang anemia. Namun kangkung juga sangat baik dikonsumi oleh ibu hamil. Konsumsi kangkung agar pemenuhan nutrisi ibu terpenuhi.

  • Kacang-kacangan.

Makanan ini juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini memiliki kandungan protein dan kalsium didalamnya yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

  • Kol dan kembang kol.

Sayuran ini memiliki vitamin C dan vitamin K yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan membuat tubuh menjadi segar dan sehat.

Sama seperti sayuran lainnya, brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, K yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan sekaligus menjaga daya tahan tubuh ibu saat sedang mengandung bayi didalam janinnya.

Jagung sama seperti nasi, ia memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh terutama bagi ibu hamil.

  • Wortel

Didalam sayuran ini terdapat kaya akan vitamin A yang tinggi, nah konsumi sayuran ini saat sedang hamil agar kesehatan mata saat hamil dapat terjaga.

  1. Buah-buahan.

Tentunya buah-buahan sangatlah baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah-buahan dapat menjaga tubuh dari rentan penyakit yang dapat mempengaruhi system kekebalan tubuh. Berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk ibu hamil:

  • Buah apel.

Buah apel memiliki manfaat dalam proses tumbuh kembang janin didalam tubuh saat hamil. Buah apel ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena selain membantu proses tumbuh kembang janin buah apel juga dapat membugarkan tubuh ibu.

  • Jambu

Sama seperti buah apel, selain itu juga buah jambu dapat membantu proses pencegahan dehidrasi tubuh ibu hamil.

  • Buah pir.

Buah ini sangat terkenal di Indonesia, buah ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan buah pir ini mampu mencegah terjadinya sembelit karena kaya akan vitamin C dan asam folat yang baik untuk tubuh.

  • Buah alpukat atau alvocado.

Didalam buah ini terdapat vitamin B komplek yang baik dalam metabolism tubuh seseorang. Buah ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil karena selain didalam kandungannya terdapat kaya akan vitamin B komplek, buah ini juga terdapat asam folat yang baik untuk kesehatan ibu dan janinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *