Waktu Sholat Dhuha yang Tepat Menurut Sunnah

Dalam melaksanakan sholat Dhuha Anda harus memperhatikan waktu sholat Dhuha. Jangan sampai Anda sholat sebelum mulai waktunya atau setelah melewati batas waktunya. Karena bukannya sholat tersebut diterima, tapi malah tidak ada artinya. Sholat Dhuha memang dilakukan pada pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum Dhuhur. Tapi, tetap ada batas waktu yang telah ditentukan dan kita wajib mengikutinya.

 

sholat dhuha

 

Berdasarkan pendapat para ulama batas awal waktu sholat Dhuha yakni 15 menit setelah matahari terbit dan batas akhirnya 15 menit sebelum waktu dhuhur tiba. Menurut hadist Rasulullah SAW, waktu utama untuk menunaikan ibadah sholat dhuha adalah ketika matahari telah naik dan terasa panas atau sudah dekat dengan waktu untuk sholat Dhuhur. Inilah hadistnya :

صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Sholaatul awwaabiina khiina tarmadlhul fishoolu

Artinya : Sholatnya para Awwabin adalah saat anak onta mulai kepanasan. (Hr. Muslim 748)

Sementara untuk bacaan sholat Dhuha tidak beda dengan bacaan dalam sholat wajib dan sholat sunnah lainnya. Setelah membaca surat Al-Fatihah, Anda bisa membaca surat As-Syamsi pada rakaat pertama dan Ad-Duha pada rakaat kedua. Atau membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas di rakaat kedua. Atau bisa membaca surat pendek lainnya yang diinginkan. Paling penting adalah kekhusuan dalam menjalankan sholat dhuha.

Setelah membahas batas waktu sholat Dhuha dan bacaannya, Anda juga perlu mengetahui waktu yang haram atau dilarang untuk melaksanakan sholat Dhuha. Meskipun sholat Dhuha sunnah, tapi jika Anda melaksanakan di waktu yang dilarang, justru dosa yang didapatkan bukannya pahala. Adapun waktu-waktu yang diharamkan untuk menunaikan ibadah sholat Dhuha adalah :

  • Saat dimana matahari terbit sampai meninggi, sekitaran habis subuh sampai 07.00 pagi.
  • Saat hampir masuk waktu Dhuhur hingga tergelincir matahari, kira-kira 11.30 pagi sampai 12.00 siang.

Kalau sudah tahu kapan waktu sholat Dhuha yang tepat, selanjutnya patuhilah dan laksanakan sholat tepat pada waktunya. Sempatkanlah beberapa menit walaupun sedang sibuk karena hukum dari sholat Dhuha adalah sunnah muakad yakni sunnah yang diharuskan. Pahala sholat dhuha juga sama dengan ketika kita berdzikir kalimat Thoyyibah seperti Laailahaillallah, subhanallahi wabihamdihi subhaanallahil ‘adhim dan lainnya.

Sehingga, tak ada alasannya Anda untuk tidak mengutamakan sholat ini. Tapi, jangan pula malah tidak mengerjakan ibdah sholat wajib ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *