Berbagai Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha

Sebentar lagi kita akan menyambut hari yang akbar dimana setiap umat Islam akan menyambutnya dengan suka cita karena hari raya ini merupakan hari raya kedua terbesar setelah Idul Fitri. Dalam beberapa hari kedepan, diskusi seputar hari raya besar ini akan  menjadi salah satu pembahasan yang paling sering dibahas dalam forum – forum islam seperti forum – forum diskusi mesjid dan lain sebagainya. Diskusi yang biasanya berkaitan dengan hari raya tersebut selalu berkaitan dengan berbagai macam hikmah yang terdapat dalam qurban di hari raya Idul Adha. Ada banyak sekali hikmah pada hari raya tersebut, berikut akan saya paparkan beragam hikmah qurban yang bisa kita petik bersama.

1 . Sebagai Ciri Umat Rasulullah

Hikmah yang paling utama yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha dan juga qurban yang dilakukan ialah sebagai cirinya umat nabi Muhammad Salallahu alaihi wasallam. Hal ini sesuai dengan perkataan rasulullah yang dikutip oleh Abu Hurairah bahwasannya rasulullah bersabda: “siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan yang mampu atau lapang, lalu tak mampu berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” Hadits ini memiliki pangkat yang sakhih sehingga umat Islam perlu mengetahuinya khususnya bagi yang mampu dalam berqurban.

2 . Setiap Sehelai Bulu Hewan Qurban Bernilai Satu Kebaikan

Bayangkan pada satu hewan qurban saja memiliki jumlah bulu yang tidak dapat kita hitung, sedangkan dalam satu bulu saja Rasul telah mengatakan terdapat satu kebaikan. Hal ini diriwayatkan oleh sahabat Zaid bin Arqam, ia berkata: “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu ? “Rasulullah kemudian menjawab qurban ialah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim. Lalu mereka bertanya kembali, apa keutamaan atau hikmah qurban yang kami peroleh dengan berqurban ? Rasulullah menjawab: setiap helai bulunya satu kebaikan”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibn Majah.

3 . Menggembirakan Kaum Yatim dan Dhuafa

Pada dasarnya, ibadah qurban ini mengajarkan setiap umat muslim untuk berbagai terhadap sesama khususnya mereka yang kurang mampu. Qurban pun merupakan salah satu kabar yang menggembirakan bagi kaum yatim dan juga dhuafa. Setiap umat muslim akan menikmati daging qurban dengan seluruh keluarga di hari Idul Adha. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim:”Hari raya qurban ialah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah”. Bagi yang mampu tentunya hal ini menjadi kabar baik dimana nantinya setiap orang yang berkurban akan berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan.

4 . Sebagai Ibadah dengan Drazat Amat Dicintai Allah

Aisyah pernah berkata, bahwa Rasulullah telah bersabda:”Tak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah hewan qurban atau menyembelih hewan qurban.” Dari hadits tersebut maka dapat kita simpulkan jika amalan yang sangat baik di hari raya tersebut ialah berqurban bagi yang memiliki rezeki yang lebih. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi umat muslim dimana ibadah tersebut memiliki drazat yang amat dicintai oleh Alloh SWT.

5 . Hikmah Qurban Sebagai Syiar Agama Islam

Setiap perayaan hari raya Idul Fitri atau yang biasa juga disebut dengan Idul Qurban ini setiap orang tidak terkecuali golongan apapun, bangsa apapun bahkan juga agama apapun, setiap orang bisa menikmati daging di hari tersebut. Dengan demikian, kita bisa melihat hikmah qurban yang paling mudah sekali untuk dapat kita rasakan ialah sebagai syiar agama Islam. Setiap tahun kita dapat merasakan syiar tersebut betapa indahnya berbagi terhadap sesama.

Itulah 5 hikmah qurban yang bisa kita petik secara langsung ketika hari raya Idul Adha tiba. Seperti yang diketahui, dalam beberapa hari ke depan kita sudah bersiap menyambut kedatangan hari raya besar kedua setelah Idul Fitri bagi umat muslim di seluruh dunia. Hal ini bahkan telah tercantum di dalam kitab suci Alquran pada surat Al Hajj ayat 34, dimana setiap umat muslim yang mampu diwajibkan untuk berqurban di hari raya Idul Fitri yang tidak akan lama lagi kita sambut kedatangannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *