Nutrisi merupakan bagian yang penting dalam sebuah makanan. Hal ini perlu diperhatikan, khususnya ketika memilih makanan untuk anak-anak. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan berbagai makanan bernutrisi tinggi untuk anak. Tujuannya agar Anda tidak salah pilih makanan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut kami jelaskan apa saja makanan-makanan tersebut berikut ini:

1.  Telur Ayam

Telur adalah makanan yang kaya akan protein. Makanan ini juga sangat disukai dan mudah Anda kreasikan. Pasalnya, telur juga bisa menjadi makanan pelengkap ASI bagi si kecil. Selain itu juga bisa menjadi makanan bernutrisi untuk si kecil yang sudah beranjak besar.

Pengolahan telur bisa diproses melalui digoreng maupun direbus. Selain dibuat tim atau bubur, juga bisa disantap dengan nasi biasa maupun roti.

2.  Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang bisa menjadi pengganti lemak. Tekstur buah ini sangat bagus dan mampu menambah kelembutan masakan ketika Anda menggunakannya sebagai pengganti lemak.

Alpukat juga bisa menjadi kudapan sehat si kecil. Juga bisa menjadi olesan rote maupun saus kudapan.

makanan bernutrisi tinggi

makanan bernutrisi tinggi makanan bernutrisi tinggi

3.  Yoghurt

Bunda juga bisa memberi si kecil minuman dengan kandungan nutrisi tinggi yaitu yogurt. Makanan yang terbuat dari susu ini bagus sekali untuk tulang si kecil. Yoghurt memiliki  kandungan kalsium yang tinggi.

Selain bagus untuk kesehatan, juga bagus untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa menggunakannya sebagai adonan kue.

4.  Buah Stroberi

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada buah stroberi tergolong sangat tinggi. Buah ini juga bagus untuk membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan vitamin C yang dimilikinya pun dapat melindungi gusi.

Vitamin C juga membantu tubuh untuk membantu proses penyerapan zat besi. Selain itu juga bisa membantu pembentukan kolagen.

5.  Kacang Almond

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk anak-anak. Contohnya seperti kacang almond yang merupakan jenis kacang sehat. Almond adalah kacang yang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi.

Kandungan pada kacang almond dapat membantu anak-anak untuk melawan berbagai penyakit.

6.  Wortel

Sayuran yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam list menu makanan si kecil. Pasalnya, wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi. Selain itu juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan bagus untuk kesehatan mata.

Wortel mudah diolah ke dalam berbagai jenis menu makanan. Anda bisa membuatnya untuk sop dan berbagai jenis makanan lainnya.

7.  Kembang Kol

Kandungan kembang kol kaya akan vitamin K. Selain itu, sayur yang satu ini juga memiliki sifat anti kanker. Bahkan masih banyak kandungan bagus lainnya yang sangat bermanfaat untuk anak-anak.

Mengolah kembang kol cukup mudah. Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, hingga dijadikan sebuah puree.

8.  Oat

Ada banyak makanan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan energi si kecil. Oat adalah salah satu yang terbaik. Oat merupakan jenis gandum yang dapat membantu menjaga lecel darah dan juga kolesterol.

Anak-anak yang rajin mengonsumsi oat akan tercegah dari obesitas. Anda bisa menyajikannya untuk sarapan maupun makan siang.

9.  Roti Gandum

Gandum merupakan makanan yang memiliki kandungan tidak jauh berbeda dengan oat. Selain itu, roti gandum juga kaya akan serat. Cocok untuk menu sarapan si kecil yang diolah dengan telur, selai kacang, dan toping lainnya.

Roti gandum juga bisa diolah untuk bekal makanan si kecil di sekolah. Cara pembuatannya pun mudah dan cepat.

Itulah berbagai makanan bernutrisi tinggi yang bagus untuk anak-anak. Semoga dapat menambah wawasan dunia parenting Anda.