Bagi anda yang ingin sesegera mungkin memiliki momongan dengan melakukan program kehamilan, banyak hal yang harus anda lakukan untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Melakukan cek masa subur sebelum anda melakukan hubungan intim dengan pasangan anda merupakan salah satu cara atau tips tepat yang bisa membantu anda mengatur masa kehamilan anda.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengetahui bahwa seorang wanita tersebut tengah dalam masa subur atau tidak ? Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan memperhatikan masa haid anda.

Sebagaimana kita tahu bahwa masa haid bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat melakukan cek masa subur. Namun, tidak semua perempuan memiliki masa haid yang teratur, ada juga sebagian yang tidak teratur dalam menjalani masa haidnya. 

Image result for Sakit Saat Menstruasi femometer


Meskipun demikian, anda tetap akan bisa mengukur masa subur anda dengan cara – cara sebagai berikut :

1. Masa haid teratur. 

Cara menghitung masa subur bagi anda dengan siklus menstruasi teratur, mudah saja. Caranya yaitu mengurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14, lalu anda akan mengetahui masa suburnya. Misalnya, anda mulai tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid mu berikutnya, jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa suburmu. 30 – 14 = 16, maka masa subur anda tanggal 16 Juli.

2. Masa haid tidak teratur. 

Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir. Misalnya: siklus menstruasi mu selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini anda sudah bisa mengetahui masa suburmu sendiri. 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut: 

Ketahui siklus terpendek mu. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat anda berada pada posisi paling subur.Ketahui siklus terpanjang mu. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat anda paling subur.

Untuk melakukan cek masa subur agar hasilnya lebih akurat, anda bisa menggunakan sebuah ovutest bernama femometer. Sebuah alat pengecek kesuburan yang sangat mudah digunakan dan sangat akurat. Alat ini dapat bekerja hanya dalam hitungan menit dengan tingkat keterbacaan yang sangat tinggi.