Haid merupakan siklus bulanan wanita ketika dinding rahim meluruh yang ditandai dengan pendarahan selama 3-7 hari. Setiap 21-36 hari akan terjadi siklus haid, setiap tahunnya bisa mencapai 11-13 kali haid.

Wanita dengan haid tidak teratur dapat dilihat apabila siklus terjadinya haid kurang dari 21 hari bahkan lebih dari 35 hari, lama berlangsungnya haid lebih lama, atau bahkan selama 3 bulan berturut-turut tidak haid sama sekali.

Kemudian, apa penyebab haid tidak teratur?

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid seorang wanita, diantaranya disebabkan oleh:

haid tidak teratur
  • Pola Hidup

Kondisi jiwa yang stress, kemudian obesitas, berat badan menurun drastis akibat kegiatan tertentu, maupun asupan makanan sehari-hari, hal tersebut dapat mengganggu kelancaran siklus haid.

  • Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti pemasangan IUD dan pil KB yang mengakibatkan perubahan berupa flek saat terjadinya siklus haid, atau haid akan menjadi lebih banyak, bahkan pada beberapa kasus wanita, mereka tidak haid sama sekali.

  • Menopause

Menopause biasanya dialami oleh wanita menginjak umur 45-50 tahun, hal ini dapat dilihat pada siklus haidnya, haid dapat lebih sedikit atau tidak sama sekali selama 12 bukan berturut-turut, atau bahkan volume haidnya menjadi lebih banyak, yang pasti siklus haidnya sudah tidak teratur lagi. Hal ini diakibatkan indung telur pada wanita menopause akan sedikit memproduksi hormon kewanitaan, yang mengakibatkan indung telur tidak lagi melepaskan sel telur sehingga tidak terjadi lagi haid.

  • Kehamilan

Pada masa kehamilan dinding rahim akan dipertahankan untuk tidak meluruh, dinding endometrium akan dipertahankan sebagai tempat tumbuhnya sel telur yang sudah dibuahi, sehingga tidak terjadi siklus haid selama kehamilan.

Segera periksakan diri, jika Anda ingin mengetahui apakah siklus haid tidak teratur yang Anda alami merupakan faktor dari kehamilan atau bukan. Anda bisa memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan maupun dengan melakukan pemeriksaan secara mandiri dengan menggunakan alat tes kehamilan. 

Untuk mengetes kehamilan secara mandiri, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan, tentu saja untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda mesti menggunakan testpack yang terjamin kualitas dan akurasinya. Untuk mendapatkan testpack yang berkualitas, Anda bisa mencoba membelinya di Femometer yang telah terpercaya oleh banyak Ibu di Indonesia.

Demikian beberapa faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya siklus haid tidak teratur. Kini Anda dapat mengetahui seperti apa wanita dikatakan mempunyai siklus teratur atau tidak dengan merujuk pada beberapa faktor penyebab.