Saat bulan puasa akan tiba, bagi anda seorang muslim yang menjadi orang tua pastinya ingin melatih si kecil berpuasa. Ingat bahwa, melatih anak berpuasa jangan sampai menimbulkan rasa terpaksa pada anak. Karena anak akan merasakan perbedaan ketika bulan puasa tiba. Mereka akan merasakan pola makan yang berbeda pada saat puasa dengan pola makan sehari-hari.

Anda sebagai orang tua sepatutnya memberikan wawasan terkait puasa kepada anak sejak dini. Berikan pertanyaan kepada anak apa itu puasa? Jika anak belum mengerti dan memahami arti puasa, maka orang tua wajib memberikan pengertian dan penjelasannya. 

Dalam melatih anak menjalankan puasa orang tua harus memperhatikan siap tidaknya anak menjalankan puasa. Jangan terlalu memaksa dan menuntut anak jika fisiknya saja belum siap untuk puasa. Dengan demikian anda sebagai orang tua harus memperhatikan fisik anak. Apakah ada tips jitu untuk melatih anak berpuasa? Ini dia beberapa tips jitu untuk melatih anak menjalankan puasa! 

melatih anak berpuasa
melatih anak berpuasa

1.Memberi Pengertian Tentang Puasa 

Cara pertama untuk melatih anak menjalankan ibadah puasa adalah memberi pengertian terkait puasa itu sendiri. Anda dapat menjelaskan dengan membuatnya seperti sebuah dongen atau cerita. 

2. Memberikan Tawaran Kepada Anak Dalam Menjalankan Puasa

Setelah anda memberikan penjelasan tentang pengertian puasa, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan tawaran kepada anak untuk menjalankan puasa atau tidak. 

3. Menciptakan Momen Puasa Yang Seru 

Tips selanjutnya adalah dengan menciptakan momen puasa yang menyenangkan untuk anak. Misalnya dengan membangunkan saur dengan memberikan menu saur yang menjadi makanan favorit anak. Menyiapkan menu buka puasa yang diinginkan anak, serta selalu bersyukur dengan apa yang telah diberikan Allah kepada anda dan keluarga.  

4. Melatih Anak Untuk Bersedekah 

Pada bulan puasa, anda dapat melatih anak untuk bersedekah dengan membagikan menu buka puasa kepada para dhuafa dan anak yatim. Dengan demikian anak anda akan merasakan bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Karena dapat berbagi kepada sesama. Anak anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Sebab tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah. 

5. Memberikan Reward 

Tips yang terakhir melatih anak berpuasa adalah memberikan reward kepada anak, karena anak dapat melaksanakan puasa. Berapapun hasilnya, anda tetap memberikan apresiasi kepada anak anda. Agar anak anda juga lebih bersemangat menjalankan puasa pada tahun depan.