Di usia anak yang sedang mengalami sebuah perkembangan dari berbagai macam aspek pada tubuhnya tentu membuatnya lebih aktif dalam bermain. Mulai dari usia dini yang mulai mengenal hal-hal baru hingga pertambahan usianya yang semakin memiliki keterampilan dalam memainkan sesuatu.

Usia pertumbuhan dari 1 hingga 5 tahun menjadi salah satu contoh bagaimana anak memiliki rasa penasaran yang tinggi dan tentu menjadi sebuah perhatian bagi orang tua terhadap kelangsungan perkembangannya. Salah satunya ketika balita bermain dengan berbagai macam permainan yang disukainya. Orang tua harus dapat mengawasi dan bahkan memberikan juga pembelajaran.

balita bermain
balita bermain

Membagi waktu belajar dan bermain

Kunci dalam sebuah pengawasan yang baik salah satunya dengan membagi jadwal yang sesuai untuk waktu bermainnya dan juga waktu belajarnya. Hal ini menjadi penting karena keduanya memang dibutuhkan oleh Si Kecil dan tugas orang tua untuk dapat memaksimalkan kedua hal tersebut. Tentu banyak cara dan metode yang tepat untuk diberikan kepada anak agar dapat memberikan sebuah kesenangan dalam bermain dan juga ilmu yang bermanfaat dari hasil belajarnya.

Sesuaikan permainan dengan usianya

Setiap fase pertumbuhan tentu memiliki perbedaan dalam hal kemampuan berpikir dan juga menjalankan fungsi tubuh. Hal ini yang mengharuskan Mam dan Pap memberikan metode yang tepat mengenai permainan yang layak untuk diberikan kepada Si Kecil. Misalnya untuk usia pertumbuhan di atas 1 tahun yang mulai belajar mengingat diusahakan memberikan metode permainan yang disisipkan aspek pendidikan mengenai hal baru di dalamnya. Misalnya bermain dengan bentuk buah-buahan ataupun hewan dan berikan pemahaman mengenai hal tersebut.

Memaksimalkan kemampuan balita saat bermain

Perkembangan balita tentu sudah lebih baik daripada usia pertumbuhan yang sebelumnya. Kemampuan dalam bergerak aktif bahkan berlari bisa dilakukan. Mam harus dapat mengawasinya agar memastikan dalam keadaan yang aman dimanapun berada. Selain itu maksimalkan juga kemampuannya dengan melatihnya menggunakan alat bantu untuk bermain, misalnya permainan olahraga sepak bola. Buat dia menjadi aktif dalam bermain untuk membuatnya memiliki kesenangan yang muncul sehingga membuat hari-harinya bahagia.

Mam dan Pap harus memahami bahwa tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Dalam memastikan si Kecil agar dapat tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Dalam memberikannya harus disesuaikan dengan usia dan rutin diberikan, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Kehadiran Wyeth Nutrition dengan produk varian  susu S-26 GOLD. Beberapa variannya diantaranya S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD mengandung formulasi MULTIEXCEL™ ╬▒Lipids System┬«. Hal ini dapat mendukung kemampuannya dalam belajar progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.