Ada orang yang beranggapan bahwa menggunakan hijab justru bagian dari perawatan rambut. Dikatakan demikian karena menghindari rambut dari paparan sinar matahari, polusi, udara yang kotor, serta lainnya. Padahal kondisi rambut yang ditutupi hijab memiliki kondisi yang berbeda, sehingga perawatan nya harus lebih ekstra.

Bisa jadi rambut Anda mengalami kerusakan akibat kondisi yang terlalu lembab. Nah, cara merawat rambut rusak untuk yang berhijab juga berbeda. 

Cara Merawat Rambut Rusak
Cara Merawat Rambut Rusak

Tips Merawat Rambut Bagi yang Berhijab

Menggunakan hijab bukan berarti rambut kamu terhindar dari kerusakan. Dalam hal ini, justru kamu membutuhkan perawatan ekstra agar rambut kamu tetap sehat. Perawatan yang dimaksud mulai dari gerai sesekali rambut Anda, jangan terlalu kencang menguncir rambut, dan lain sebagainya. Nah, untuk merawat rambut bagi yang berhijab kami memiliki beberapa tips yang akan diuraikan di bawah ini.

  • Sisir Rambut Sebelum Mandi

Untuk meluruskan rambut yang kusut gunakan sisir bergigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis. Langkah ini sekilas terlihat sepele namun jarang orang yang melakukannya. Padahal menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal menghindari kerusakan dan kerontokan rambut.

  • Gunakan Shampo Khusus Kulit Kepala Sensitif

Menurut survey, rambut berhijab cenderung berminyak dan lembab. Dengan menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Hasilnya terhindar dari ketombe dan mengurangi rambut rontok.

  • Masker Rambut

Cara merawat rambut rusak bagi yang berhijab maupun tidak ialah memberinya vitamin maksimal seminggu sekali. Vitamin yang bisa Anda berikan berupa minyak zaitun, minyak almond, masker buah, dan telur.

  • Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Jilbab

Apakah Anda sering mengikat rambut dalam keadaan basah sebelum memakai jilbab? Kebiasaan ini segera kondisikan, karena rambut basah rentan sekali terkena kerusakan. Apalagi ketika Anda mengikatnya terlalu kencang, bisa-bisa rambut kamu melemah dan rapuh.

Demikianlah tips merawat rambut bagi yang berhijab agar terhindar dari kerusakan. Cara merawat rambut rusak yang disebabkan karena kondisi yang terlalu lembab dapat diatasi dengan hal-hal sederhana di atas.