Tumbuh kembang si Kecil merupakan perhatian utama para orang tua. Salah satu cara mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil yaitu dengan menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya dengan pencernaan yang sehat makan nutrisi bisa terserap dengan baik sehingga mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Sebaliknya pencernaan yang bermasalah dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang menghambat tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si Kecil juga agar masalah anak susah BAB bisa dihindari:

Penuhi Kebutuhan Seratnya

Serat merupakan salah satu nutrisi atau zat yang berguna untuk sistem pencernaan si Kecil. Pastikan memenuhi kebutuhan serat si Kecil sesuai usianya. Anak dengan usia 1-3 tahun membutuhkan serat sekitar 16 gram sehari sedangkan anak berusia 4-6 tahun membutuhkan serat sekitar 22 gram per hari. Kebutuhan serat bisa dipenuhi dari makanan seperti apel, pir, sereal, kacang merah, serta yoghurt.

anak susah BAB
anak susah BAB

Berikan Anak Makanan yang Bernutrisi

Bukan hanya makanan yang mengandung serat tinggi saja, Bunda juga harus memastikan bahwa si Kecil mengkonsumsi makanan sehat. Hindari pemberian makanan cepat saji karena makanan tersebut tidak mengandung cukup nutrisi yang dibutuhkan si Kecil.

Cukupi Kebutuhan Asupan Cairan

Air memiliki manfaat di dalam sistem pencernaan untuk memecah makanan, melarutkan nutrisi dan mineral dalam makanan, serta melembutkan tinja. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan si kecil sehingga bisa terhindar dari konstipasi.

Pilih Produk Susu Pertumbuhan yang Sesuai

Susu pertumbuhan memang penting untuk si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas. Namun Bunda harus pintar memilih produk susu sehingga bisa membantu menyehatkan pencernaannya. Kandungan yang penting untuk sistem pencernaan si Kecil adalah frukto-oligosakarida dan galakto-oligosakarida.

Itulah cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil selalu sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat tersebut maka tidak akan ada masalah seperti anak susah BAB dan lain sebagainya. Salah satu rekomendasi susu yang bisa anda berikan pada si kecil adalah Nestle Dancow. Lebih lengkapnya mengenai produk Nestle Dancow yang cocok untuk si Kecil bisa Bunda lihat sendiri di website www.dancow.co.id.