Salah satu masalah pencernaan anak yang umum ditemukan pada anak-anak masa kini adalah masalah pencernaan celiac disease. Masalah pencernaan yang satu ini umumnya juga dikenal dengan alergi gluten.

Celiac disease pada bayi

Seperti disebutkan sebelumnya, celiac disease adalah sebuah masalah pencernaan yang disebabkan karena intoleransi pada gluten. Gluten sendiri adalah protein yang banyak ditemukan pada gandum dan beberapa biji-biji lainnya.

Sesungguhnya celiac disease bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi karena pada masa perkenalan makanan ini dilakukan pada usia bayi, umumnya masalah alergi ini banyak ditemukan pada bayi. Anak-anak yang umumnya mengalami masalah celiac disease ini, akan mengalami reaksi alergi karena sistem imunnya sistem pencernaan saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Seberapa banyak anak yang mungkin mengalami celiac disease?

Masalah pencernaan anak yang satu ini memang merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup sering terjadi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, diketahui bahwa 1 dari 133 anak mengalami celiac disease ini.

Bagi Moms yang memiliki masalah alergi yang sama, atau memiliki saudara sedarah yang memiliki masalah alergi ini Moms perlu was-was. Mengapa? Karena masalah celiac disease ini bisa menurun karena merupakan salah satu masalah yang berhubungan dengan metabolisme.

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki masalah celiac disease?

Celiac disease pada dasarnya adalah masalah yang tidak terlihat. Artinya anak yang memiliki masalah alergi gluten ini umumnya tidak menunjukkan gejala sampai ada trigger berupa makanan yang mengandung gluten. Gejala atau reaksi yang timbul juga mungkin berbeda antara satu anak dan anak lain tergantung keparahannya.

Biasanya beberapa gejala yang harus Moms perhatikan antara lain adalah rasa sakit di perut, perut kembung, dan juga diare. Gejala ini adalah gejala paling umum yang sering kali terjadi pada anak dengan masalah celiac disease ini.

Akan tetapi ada juga beberapa gejala yang mungkin terjadi karena masalah pencernaan anak ini, seperti anak kehilangan berat badan atau yang paling ditakutkan adalah mengalami stunting.