Lantai merupakan salah satu bagian penting rumah yang bisa menambah nilai estetik atau keindahan. Biasanya orang-orang memilih material berupa keramik untuk mempercantik lantai. Namun sebenarnya ada banyak material yang bisa digunakan salah satunya yaitu semen. Dibandingkan keramik, lantai dari material ini lebih hemat dan mudah diaplikasikan. Tenang saja, Anda juga bisa melakukan kreasi agar lantai tampak menarik dan estetik. Berikut ini adalah ide yang bisa diikuti:

Lantai dengan Bentuk Random

Lantai ini dinilai monoton karena pengecoran yang rata sehingga terlihat polos. Anda harus lebih kreatif agar lantai tidak monoton dengan membuat bentuk sedikit lebih random. Gunakan cetakan tertentu sesuai keinginan ketika proses pengecoran. Beberapa bentuk random yang sering dipakai yaitu zig-zag, geometris, besar kecil, dan lain sebagainya.

semen
semen

Lantai dengan Nuansa Gelap

Ide selanjutnya yaitu membuat nuansa gelap pada lantai yang Anda bangun. Warna gelap seperti abu-abu kehitaman bisa membuat kesan klasik dan natural. Namun hal ini tentu saja harus disesuaikan dengan konsep rumah Anda. Beberapa gaya hunian yang cocok dengan lantai nuansa gelap adalah vintage, industrial dan klasik.

Lantai Lukis yang Estetik

Lantai yang terbuat dari material semen bisa dihias atau dilukis dengan dua cara yaitu setelah kering dan saat masih basah. Dalam kondisi masih basah, Anda dapat membuat mozaik yang indah dengan menempelkan pecahan keramik. Pada saat finishing nanti harus ada coating agar kualitas dari lantai tetap baik.

Lantai Variasi Pengisi Nat

Pengecoran menggunakan cetakan biasanya akan menciptakan nat atau celah. Dekorasi lantai dengan menutup nat menggunakan bahan-bahan seperti kaca bening, material logam, batu koral, dan lain sebagainya.

Itulah 4 ide lantai semen yang tentu saja tak kalah menarik dan estetik dari lantai keramik. Agar mendapatkan hasil yang berkualitas, maka Anda harus memilih material berkualitas. Tiga Roda merupakan merk pilihan yang terjamin kualitasnya. Ada jenis biasa yang berwarna abu ada juga jenis yang putih. Jadi Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis semen untuk menghasilkan lantai yang indah