Memiliki berat badan ideal merupakan mimpi seluruh orang, terutama para kaum hawa. Tak jarang mereka mencoba beragam pola diet hanya untuk memperoleh berat badan yang diinginkan. Bahkan tak jarang, ada yang mencoba obat – obatan maupun suplemen pelangsing, yang iklannya banyak beredar di sosial media.┬áBagi Ibu yang hobi makan, mempertahankan berat badan ideal mungkin terasa mustahil. Seketat apa pun diet yang dilakoni akan terasa sia-sia dan berujung ketidakstabilan emosi, karena keinginan makannya dibatasi. Namun, jangan khwatir, Bu.

Ada beberapa cara yang bisa Ibu tempuh untuk membuat berat badan stabil, tanpa nelangsa menahan lapar.

berat badan ideal

1. Rencanakan pola makan sehat

Buat rencana jangka pendek dan panjang Ibu berkenaan menu sehat sehari-hari. Padukan dengan jadwal olahraga ruti, motivasi, dan resep-resep menu sehat yang tetap lezat. Tidak perlu terlalu menghindari makan kesukaan Ibu yang rendah kalori. Ibu tetap bisa menikmati makanan kesukaan asal mengkombinasikannya dengan makanan sehat lainnya. Atur porsinya lebih sedikit dibanding makanan sehatnya. Dengan begitu, Ibu tetap bisa menikmati makanan kesukaan tanpa khawatir asupan kalori lebih rendah.

2. Bergerak dan berkeringat

Kegiatan makan sejatinya adalah kegiatan menimbun kalori dalam tubuh. Tubuh membutuhkan metabolisme yang lancar agar kalori-kalori tersebut bisa tercena sempurna. Sebab itu, dengan banyak beraktivitas fisik maupun berolahraga, dapat membantu mengelola berat bedan Ibu.

3. Tetap makan

Menjaga berat badan bukan berarti membatasi ketat makanan dengan membiarkan badan kelaparan. Jika Ibu memang suka makan, maka lakukan saja. Tentu dengan memilih makanan sehat yang rendah kalori. Ibu mungkin mengira makan sehat tidak seenak es krim, cake, aneka kripik, dan semacamnya, Ibu bisa mensiasatinya dengan mencari penggantinya yang lebih sehat. Alih-alih memilih es krim tinggi lemak, Ibu bisa membuat potongan buah yang didinginkan.

4. Sarapan lebih utama

Jangan melewatkan sarapan, ya, Bu. Karena membiarkan perut kosong di pagi hari, hanya akan membuat hasrat mengemil lebih tinggi menjelang jam makan siang. Makan siang pun akan lebih tak terkendali, karena tubuh merasa kelaparan.

5. Makan dengan sadar

Yang membuat orang tidak bisa berhenti makan, adalah tidak adanya kesadaran pada proses makan tersebut. Ibu pernah menonton televisi sambil mengemil sebungkus keripik? Nikmat, bukan? Dan tak disangka, sebungkus keripik tersebut habis tanpa terasa. Hal semacam itulah yang membuat Ibu susah untuk mengendalikan berat badan. Cukup makan dengan membawa kesadaran Ibu dalam setiap gigitan, setiap kunyahan, dan menelan perlahan. Dengan begitu, otak akan segera sadar dan memberi respon kenyang lebih cepat.

Nah, itu tadi beberapa tips memiliki dan menjaga berat badan ideal untuk yang hobi makan, tanpa harus merasa tertekan. Selamat mencobanya, Bu!