Keindahan model cincin berlian ternyata tidak terpancar begitu saja. Hal ini juga dipengaruhi oleh kepribadian si pemakai, bentuk dari berlian itu sendiri, nilai karat dan juga ring dari pemangku berlian tersebut.

Anda yang berniat untuk menjadikan berlian sebagai cincin pernikahan, atau ingin memberikannya kepada orang terkasih, sebaiknya mengamati terlebih dahulu dari orang yang akan memakainya. Perhatikan kesesuaian model cincin berlian yang akan atau ingin Anda berikan. Hal ini agar cincin berlian tersebut tidak berkesan asal jadi.

Bentuk dan Model Cincin Berlian

Ada beberapa bentuk dan model cincin berlian, antara lain:

1. Cushion

Model berlian dengan bentuk cushion biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang dengan tiap sudutnya membulat. Detail desainnya begitu sederhana, namun tetap menampakan kesan mewah. Sangat cocok jika digunakan untuk pertemuan resmi dan juga bisnis. 

2. Emerald

Bentuk berlian dengan model emerald, biasanya berbentuk persegi panjang yang bertingkat dan sedikit membulat pada setiap sikunya. Bentuknya tidak terlalu besar dan lingkar cincin yang unik. Kesan yang ingin disampaikan dari model ini adalah kasual namun tetap terlihat girly. Sangat cocok untuk mereka yang berjiwa muda dan aktif serta selalu dinamis.

3. Bulat

Bentuk bulat sangat disukai oleh penggemar berlian. Karena bentuknya yang simpel dan mampu memantulkan cahaya lebih dari bentuk berlian yang lainnya. Model ini memberikan tampilan dewasa kepada pemakainya. Untuk beberapa kesempatan, cincin ini akan menampakan kesan mewah di jari si pemakai. 

4. Cincin ini sangat cocok jika dijadikan sebagai cincin pertunangan ataupun cincin pernikahan.

Princess

Berlian ini model princess memiliki bentuk kotak dengan sudut-sudutnya berbentuk 90 derajat. Lingkar cincin dibuat sesederhana mungkin tanpa detil khusus. Terlihat simpel dan sangat cocok dikenakan oleh mereka yang berjiwa muda, serta tetap menampilkan kesan feminim bagi si pemakai.

5. Asscher

Model cincin asscher pertama kali diperkenalkan oleh Joseph Asscher. Bentuk sudut-sudutnya sangat unik dan memberikan kesan klasik. Potongannya yang antik tidak menonjolkan kesan mewah, namun tetap terlihat indah. Sangat cocok dikenakan oleh mereka yang mencintai kesuksesan.

Demikian beberapa model cincin berlian yang bisa disesuaikan dengan pemakainya. Pilihlah secara seksama dengan memperhatikan kepribadian si pemakai jika Anda ingin menjadikannya sebagai hadiah, agar lebih berkesan. Semoga bermanfaat.