Sebagian orang, ada yang memiliki impian untuk membuat film. Hanya saja, tidak tahu bagaimana cara memulainya. Membuat film memang bukan hanya perkara pengambilan video saja, yang juga bisa dilakukan dengan hanya menggunakan handphone. Namun, sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan mengenai pondasi video tersebut bisa dikatakan sebuah film. Anda yang ingin mengetahui lebih dalam, bisa saja memulainya dari kursus film terlebih dahulu.

Mencari tempat kursus film yang tepat dan mengajarkan ilmu perfilman secara lebih mendalam, memang susah-susah gampang. Bisa saja Anda menemukan sebuah tempat kursus dengan biaya mahal, tetapi tidak sesuai ekspektasi. Tentu hal ini sangat disayangkan, bukan?

Adalah IDS atau International Design School, yang telah teruji dan terpercaya sejak lama, menjadi tempat kursus film yang tepat untuk dijadikan rekomendasi. Di sini, Anda tidak hanya diberi teori ilmu tentang dunia perfilman, tetapi juga langsung praktek ke lapangan.

Persiapan Awal Dalam Membuat Film

kursus film
kursus film

Jika Anda sudah bertekad membuat film, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulainya.

Ide cerita

Saat Anda ingin membuat film, yang perlu dipersiapkan pertama tentu saja ide cerita tentang film yang akan dibuat. Percuma saja Anda mempunyai segudang teori, belajar sinematografi di tempat terbaik, tetapi tidak memiliki ide tentang apa yang ingin dituangkan menjadi sebuah video. Semuanya akan menjadi sia-sia saja.

Jadi, ide itu sangat penting!

Untuk memastikan bahwa ide Anda memiliki hasil yang terbaik, pilihlah ide yang orisinil, unik, dan baru.

Riset

Setelah ide untuk sebuah film ditemukan, saatnya Anda menggali lebih dalam untuk ide  tersebut. Lakukan riset.

Riset bisa dilakukan dengan cara membaca banyak referensi, mengamati secara langsung dan atau bertanya langsung pada seseorang yang berpengalaman.

Alur cerita

Untuk pertamanya, Anda tidak perlu menyiapkan alur secara mendetail mengenai kisah yang akan Anda angkat ke dalam sebuah film. Siapkan alur kasarnya saja.

Pastikan alur kasar ini tetap memuat mengenai cerita yang akan disuguhkan dari awal hingga akhir. Mengenai tokoh-tokoh yang akan memerankannya. Bagaimana seharusnya plot berjalan. Lokasi dimana gambar akan diambil, dan beberapa detail yang dianggap penting.

Membuat sinopsis

Membuat sinopsis sama pentingnya dengan membuat alur. Dengan membuat sinopsi, gambaran besar mengenai cerita film yang akan dibuat menjadi lebih terarah. Bagaimana harus memulai film, membuat klimak, hingga ending dari sebuah film.

Mempersiapkan peralatan

Setelah semua persiapan mengenai ide cerita dan konsep film yang ingin dibuat telah tercipta, saatnya menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. 

Bagi Anda yang masih pemula, menyiapkan peralatan film tidak sekompleks saat mempersiapkan pembuatan film layar lebar. Cukup sediakan kamera video beserta charger dan baterai tambahan, mikrofon,kaset kosong, tripod, dan kabel ekstensi.

Riset lapangan

Sebelum terjun langsung ke lapangan untuk take gambar, ada baiknya untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu. Kenali medan pengambilan video kalian secara langsung.

Biasanya, hasil pengamatan langsung ini, malah mampu memberikan ide-ide baru dalam cara Anda mengambil gambar agar lebih menarik. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai persiapan awal dalam membuat film. Membuat film adalah sebuah kerja tim, sehingga menemukan rekan yang tepat dan punya visi yang sama, tidak kalah pentingnya. Lakukan komunikasi dan koordinasi yang baik, agar film yang Anda ciptakan bisa terwujud dengan indah. Semoga bermanfaat.