Memasuki usia dewasa tentunya kita berada pada kehidupan yang penuh ragam kesibukan dalam kehidupan. Semakin dewasa kita pasti akan memasuki masa pernikahan, yang dimana ini juga akan terdapat banyak sesi sebelum benar-benar menikah. Salah satunya sebelum deal dalam pernikahan ada prosesi lamaran, dalam prosesi lamaran adat seserahan lamaran yang dibawa. 

Ada banyak jenisnya mengenai yang dibawa pada seserahan ini, diantaranya yaitu;

Beberapa Seserahan Lamaran Untuk Gadis Jawa

1. Jarik dan kebaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa jarik dan kebaya merupakan hal yang sangat lekat dengan wanita dan budaya jawa. Jadi daftar seserahan ini wajib ada di daftar seserahan untuk wanita jawa. Biasanya jarik ataupun kain batik yang digunakan yaitu yang memiliki corak sidomukti, ini karena jarik yang bercorak sidomukti memiliki makna harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir batin. Tentu saja ini sangat cocok dengan harapan dalam mencapai kebahagiaan lahir batin.

2. Seperangkat alat makeup.

Memiliki penampilan yang cantik dan menarik merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap wanita, begitu juga dengan wanita yang ada di jawa. Maka dari itu salah satu benda dalam seserahan lamaran yaitu menggunakan make up, biasanya ini mulai dari lipstik, bedak, pensil alis dan berbagai alat make up lainnya. Hal tersebut tentunya juga tergantung kebutuhan serta kebiasaan dari wanita tersebut dalam berdandan.

3. Perlengkapan mandi.

Selanjutnya yaitu perlengkapan mandi yang seringkali digunakan untuk seserahan lamaran, ini sebagai salah satu yang wajib kamu persiapkan saat melamar sang pujaan hati.

Apa saja yang termasuk perlengkapan mandi? Biasanya untuk peralatan mandi ini yaitu seperti sabun, shampoo, shower cup, handuk, pembersih wajah dan berbagai perlengkapan mandi lainnya. Sebaiknya ini juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan dari calon istri Anda.

4. Pakaian dan Aksesorisnya

Selain kita menyediakan kebaya dan jarik seperti diatas tadi, selanjutnya yaitu kita bisa menyediakan berbagai aksesoris pendamping untuk berbusana dalam kebutuhan sehari-hari. Contohnya saja yaitu seperti pakaian dalam, sepatu, tas, gaun, atau aksesori-aksesori yang lainnya. Walaupun tidak wajib ada sebenarnya, ini merupakan hal yang cukup penting untuk Anda siapkan.

5. Perhiasan

seserahan lamaran
seserahan lamaran

Untuk perhiasan biasanya isinya lengkap mulai dari gelang, kalung, anting dan cincin. Jika Anda tidak memiliki budget sebanyak itu, maka juga tidak perlu menyiapkan satu set lengkap. Dalam hal ini hanya cukup dengan menyediakan cincin sebagai pertanda kalau si gadis tersebut sudah menjadi milikmu. Ini supaya cowok lain tidak berani mengganggu kekasih Anda. 

6. Pisang raja dan buah jambe serta kapur sirih.

Ini merupakan salah satu yang dibawa pada saat lamaran seakan-akan ini wajib dibawa, hal tersebut karena pisang jawa sebagai salah satu simbol harapan kesuburan setelah pernikahan dengan harapan pasangan dapat memiliki keturunan.

Selain menggunakan buah pisang raja, biasanya juga ada buah jambe dan kapur sirih ini juga wajib dibawa pada saat melamar gadis Jawa. Ini memiliki makna sebagai simbol harapan supaya pernikahannya kelak dapat menjadi langgeng sampai maut.

Nah itulah beberapa jenis seserahan lamaran yang harus Anda bawa saat melamar gadis Jawa. Sebenarnya beberapa diatas tadi sangatlah sederhana, namun penting untuk Anda siapkan dari jauh-jauh hari supaya Anda tidak gelagapan ketika menjelang hari lamaran Anda tiba. Dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari juga akan meringankan Anda.