Sayangnya, banyak berlian-perhiasan berlian palsu yang beredar di pasar. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membeli berlian. Agar tak tertipu pedagang nakal, bekali diri kita dengan mengenal ciri-ciri perhiasan berlian asli berikut ini, Teksturnya keras, Perhiasan berlian adalah batu yang paling keras di bumi. Jika berlianmu rusak atau terbelah saat mendapat benturan ringan, maka sudah pasti perhiasan berlian itu palsu. Memiliki beragam warna.

Perhiasan berlian asli tidak hanya memiliki warna bening saja, tapi juga muncul dengan berbagai warna. Nah, perhiasan berlian pink, kuning, dan biru merupakan jenis perhiasan berlian yang langka. Jadi, jangan sampai tertipu saat penjual perhiasan mengatakan perhiasan berlian yang dijualnya diklaim sebagai perhiasan berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru. Dapat menggores benda lain.

Perhiasan berlian asli tidak hanya memiliki warna bening saja, tapi juga muncul dengan berbagai warna. Nah, perhiasan berlian pink, kuning, dan biru merupakan jenis perhiasan berlian yang langka. Jadi, jangan sampai tertipu saat penjual perhiasan mengatakan perhiasan berlian yang dijualnya diklaim sebagai perhiasan berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru. Dapat menggores benda lain

Karena perhiasan berlian asli merupakan benda terkeras di bumi, maka batu mulia ini mampu menggores benda apapun. Cara membuktikan keaslian perhiasan berlian adalah dengan menggoreskan nya ke kaca. Jika kaca tersebut tergores dan perhiasan berlian kamu tidak rusak, maka perhiasan berlian itu merupakan perhiasan berlian asli. Pencerminan (refleksi) tidak jelas, Selama ini mungkin banyak yang mengira bahwa seseorang bisa melihat suatu benda melalui perhiasan berlian dengan jelas. Tapi nyatanya, perhiasan berlian asli tidaklah memiliki refleksi yang jelas. Jika kita meletakkan perhiasan berlian asli di atas sebuah koran, maka tulisan di koran tersebut tidak akan terlihat dengan jelas.

Sebaliknya, jika kita meletakkan perhiasan berlian palsu di atas koran, maka tulisannya akan terbaca dengan jelas. Hal ini dikarenakan perhiasan berlian palsu terbuat dari kaca sehingga mampu merefleksikan benda di baliknya. Nah, jelaskan bedanya, Refleksi abu-abu, Perhiasan berlian asli hanya dapat memberikan refleksi dalam warna abu-abu saja. Jika berlianmu mampu merefleksikan berbagai warna, maka perhiasan berlian itu bisa jadi palsu.

Tidak berkabut, Cobalah hembuskan napas ke berlian. Jika kabut pada perhiasan berlian menghilang dengan cepat, maka perhiasan berlian tersebut adalah asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlian, maka sudah bisa dipastikan perhiasan berlian tersebut palsu. Mampu memendarkan cahaya, Perhiasan berlian asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya, sehingga membuatnya terlihat berkilau. Sedangkan perhiasan berlian palsu biasanya hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.