Pot bunga merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan estetika rumah. Kehadirannya sangat dibutuhkan bagi sebagian orang. Nah, kini, Anda tidak perlu membeli pot yang mahal, karena, ada tips cara membuat pot bunga buatan sendiri yang akan kami jelaskan di sini.

Bagi yang penasaran, berikut akan kami jelaskan cara-caranya:

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Pertama-tama, yang Anda butuhkan adalah bahan-bahan untuk membuatnya. Ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu.

pot bunga buatan sendiri
pot bunga buatan sendiri

Berikut bahan-bahannya:

  • Semen cepat kering
  • Cat warna-warni
  • Air
  • Cutter
  • Kuas foam
  • Tanaman
  • Minyak
  • Isolasi tahan air
  • Wadah serbaguna
  • Kardus bekas

Cara Membuat

Jika semua bahan sudah terkumpul, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya:

1. Ambil kardus bekas, kemudian bentuk sesuai dengan keinginan. Setelah dipotong, silahkan rekatkan sisinya dengan menggunakan isolasi tahan air.

2. Silahkan aduk semen  di dalam wadah serbaguna menggunakan air. Pastikan campurannya sesuai, dan memiliki konsistensi yang baik. Tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Setelah tercampur, silahkan masukkan pada cetakan yang terbuat dari kardus tadi.

3. Siapkan wadah, kemudian lesi menggunakan minyak goreng untuk melicinkan cetakan.

4. Tunggulah hingga semen benar-benar kering. Kemudian, silahkan lepaskan secara perlahan dari cetakan tadi.

5. Langkah terakhir, silahkan Anda warna sesuai dengan pilihan warna yang dikehendaki. Gunakan foam brush untuk mewarnainya. Biarkan cat mengering terlebih dahulu sebelum Anda memasukkan tanah dan tanaman ke dalamnya.

Rekomendasi Semen Terbaik

Bingung memilih semen untuk membuat pot? Pilih saja Semen Tiga Roda. Brand yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang. Cocok sekali untuk Anda yang ingin menggunakan jenis semen cepat kering. Dengan begitu, pengerjaan pembuatan pot akan menjadi lebih cepat.

Semen Tiga Roda juga memiliki banyak varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, brand semen yang satu ini sudah memiliki logo SNI. Artinya, kualitasnya sudah tidak perlu Anda ragukan kembali.

Demikian cara membuat pot bunga buatan sendiri. Melalui langkah-langkah di atas, kini Anda tidak perlu membeli pot untuk kebutuhan di rumah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang lebih murah, dengan kualitas jempolan.

Meta: Ingin membuat pot bunga buatan sendiri? Mudah, kok. Berikut akan kami jelaskan langkah-langkahnya. Lengkap dengan informasi bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatannya.