Rumah tentunya menjadi sebuah aset berharga bagi siapapun. Terlebih anda bisa membelinya baik secara kontan maupun dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah. Apabila anda berpikiran untuk membangun hunian sendiri, tentu saja membutuhkan ongkos untuk para pekerjanya. Belum lagi dari segi material bangunan yang dibutuhkan juga terbilang lebih mahal. Saat berencana membangun rumah sebaiknya perhatikan terlebih dahulu estimasi biaya bangun rumah. Kini rumah minimalis menjadi incaran banyak orang.

Banyak orang memilih hunian tersebut sebab dari segi biaya yang anda butuhkan tidak begitu besar. Anda perlu lebih pandai memperhitungkan semua hal. Mulai dari kebutuhan bahan material maupun upah para pekerjanya. Jika semuanya dipikirkan secara matang maka proses pembangunan rumah pun berjalan dengan baik. Jika anda merasa penasaran dengan cara menghitung biaya pembangunan rumah. Ada baiknya perhatikan berbagai macam hal ini:

estimasi biaya bangun rumah
estimasi biaya bangun rumah

1.Menghitung biaya pembayaran tenaga kerja

Dalam membangun rumah tentunya hadir tiga sistem seperti borongan, harian maupun borongan penuh. Hitungannya pun berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Biasanya jika anda menerapkan sistem harian maka biaya yang diperlukan adalah Rp 100 sampai dengan 150 ribu per harinya. Berbeda lagi dengan sistem borongan dimana pengerjaan pembangunan rumah terasa lebih cepat.

2. Perhatikan luas bangunan dan tanah

Saat anda berkeinginan membangun rumah 21/60 maka anda pun membutuhkan tanah dengan luas 60 meter persegi, dimana harga tanah yang berada di lokasi cukup mahal juga. Dari sini anda mampu memperkirakan berapa biaya untuk pembelian materialnya. Semisal saja pembelian produk semen yang kini banyak orang mempergunakan semen Tiga Roda. Semen tersebut kualitasnya tidak perlu anda ragukan lagi. Dimana siapapun bisa membeli produk semen ini pada toko bangunan yang menjadi langganan.

3. Perhitungkan biaya lainnya

Estimasi biaya bangun rumah memang cukup banyak yang harus kita ketahui. Dimana keperluan biaya muncul dari berbagai macam aspek. Anda bisa memperkirakan kisaran biaya lain-lain yang anda butuhkan. Anda bisa menghitung biaya lainnya selain biaya tanah maupun bangunan. Dengan hadirnya estimasi biaya seperti ini tentunya kita semakin dimudahkan dalam perhitungan biaya pembangunan rumah.

Semoga dengan kehadiran ketiga hal di atas mampu mempermudah anda membuat estimasi biaya bangun rumah. Jadi jangan pernah melupakan ketiga hal tersebut supaya proses pembangunan rumah berjalan lancar.