Membaca Surat Yasin adalah salah satu ibadah yang bisa menghasilkan pahala. Biasanya Surat Yasin dibaca ketika seseorang sedang mengadakan tahlilan peringatan kematian anggota keluarga. Tidak hanya peringatan kematian, akan tetapi Surat Yasin juga dibaca dalam kegiatan keagamaan seperti pengajian malam Jumat. Untuk dapat membaca Surat Yasin, biasanya Anda membutuhkan buku Yasin yang bisa didapatkan dengan cara mencetak nya. 

Dewasa ini buku Yasin tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membaca Surat Yasin. Ada beberapa pihak yang memanfaatkan buku ini sebagai memento untuk mengingat keluarga yang telah tiada. Oleh karena itu, sekarang ini muncul berbagai bentuk variasi buku Yasin. Jika Anda berencana untuk mencetak buku ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Buku Yasin
Buku Yasin

1.Bahan Cover dan Isi 

Sebelumnya, buku Yasin hanya berisi kumpulan kertas dengan doa-doa di dalamnya. Namun, sekarang buku ini telah berkembang lebih dari itu. Selain berisi doa dan Surat Yasin, rancangan dan bahan pembuatannya menjadi pertimbangan bagi pemesan. Biasanya, perusahaan percetakan menyediakan berbagai jenis model buku Yasin yang berbeda. 

Pelanggan yang berniat untuk mencetak buku tersebut dapat meminta pihak percetakan untuk membuat buku ini sesuai keinginan. Sementara itu, dilihat dari covernya, buku yang satu ini terbagi menjadi dua yakni hardcover dan softcover. Perbedaan keduanya yakni hardcover memiliki ketebalan yang lebih dibanding dengan softcover. Sedangkan dari desain cover bukunya, terdapat berbagai macam desain. Anda bisa meminta pihak percetakan untuk memasang foto anggota keluarga atau menggunakan kaligrafi sebagai tulisan agar bukunya terlihat unik. 

2. Budget 

Dalam Mencetak Buku Yasin Sebelum proses pencetakannya, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu berapa biaya yang Anda punya. Hal ini berkaitan dengan desain, cover dan isi dari buku ini. 

Buku Yasin akan menjadi mahal untuk dicetak apabila Anda menginginkan buku dengan hardcover, desain sampul yang unik dan rumit dan isi buku yang komplit. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam jika buku Yasin yang diinginkan adalah buku yang sederhana, dengan soft cover dan isi doa secukupnya. Umumnya buku ini dipatok harga mulai dari Rp.7000 hingga Rp. 40.000 per bukunya.

3. Percetakan 

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum membuat buku Yasin adalah pihak percetakan yang akan dipilih. Karena buku Yasin biasanya dibuat dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat, Anda harus memilih percetakan yang mampu bekerja cepat, dan tepat. 

Kemampuan percetakan membuat desain untuk bukunya sendiri pun juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Anda tentunya ingin membuat buku Yasin dengan desain cover yang elegan dan unik, karena itulah kemampuan desain percetakan wajib menjadi hal yang dipertimbangkan sebelum mencetak buku Yasin. Dalam memilih percetakan, Anda juga harus memperhatikan apakah pihak percetakan menyediakan proof design. Dengan proof design Anda bisa melakukan cek terhadap desain dan isi buku Yasin yang akan dicetak. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang fatal seperti nama, tanggal dan lain sebagainya. 

Buku Yasin kini tidak hanya berfungsi sebagai panduan dalam membaca Surat Yasin. Buku ini juga bisa digunakan sebagai kenang-kenangan keluarga terhadap anggota keluarga lain yang telah tiada. Oleh karena itulah buku yang satu ini kerap dibuat berbeda dengan buku Yasin lainnya. Nah, jika Anda berniat untuk cetak buku Yasin, lebih baik pilih Digital Printing Snapy. Selain harga yang terjangkau, kualitas buku Yasin dari Snapy pun terjamin. Tidak hanya buku Yasin, Snapy juga menyediakan jasa percetakan lainnya seperti print kaos, print kain, dan lain sebagainya.