Seorang wanita dan perhiasan adalah hal yang saling berkaitan. Dimana perhiasan menjadi kebutuhan wajib seorang wanita selain make up. Perhiasan sendiri seringkali menjadi aksesori pelengkap penampilan seorang wanita. Perhiasan yang bertahtakan mutiara dengan pesona kecantikannya, sudah populer sejak dulu sebagai perhiasan mewah. Perhiasan mutiara dengan desain yang unik dan indah menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang gemar mengoleksinya. Tidak  heran jika perhiasan dengan mutiara yang mewah dan elegan seringkali melengkapi gaya busana seseorang.

Mutiara sebagai perhiasan memiliki jenis yang beragam di pasaran. Sehingga anda harus lebih cermat dalam memilih mutiara yang bagus dan berkualitas. Anda harus lebih berhati-hati dalam menemukan mutiara sebagai perhiasan mewah yang berkualitas baik. Penting mengetahui apa saja jenis-jenis dari mutiara agar anda tidak salah dalam memilih. Mutiara umumnya tumbuh secara alami, namun saat ini mutiara juga bisa tumbuh dengan cara dibudidayakan.

Perhiasaan Mutiara
Perhiasaan Mutiara

Beberapa jenis mutiara yang perlu untuk diketahui diantaranya:

  • Mutiara Akoya

Mutiara ini berasal dari perairan laut Jepang yang memiliki warna putih susu dengan nuansa perak atau emas. Selain itu, mutiara Akoya juga hadir dalam warna cream, hijau mint dan biru muda.

  • Mutiara  Hitam Laut Selatan

Mutiara ini biasa ditemukan di daerah pesisir pantai Tahiti dan umumnya berwarna hitam pekat. Serta memiliki ukuran yang cukup besar yaitu mulai dari 6mm.

  • Mutiara Putih Laut Selatan

Mutiara jenis ini bisa ditemukan di daerah pesisir pantai Tahiti dan Okinawa. Karena memiliki ukuran yang lebih besar hingga mencapai 9mm dan lebih berkilau, mutiara jenis ini tentu memiliki harga lebih mahal.

  • Mutiara Emas Laut Selatan

Mutiara ini adalah salah satu jenis mutiara yang langka di dunia. Mutiara dengan warna yang unik dan berukuran besar mulai dari 9mm membuatnya memiliki harga yang mahal.  Mutiara jenis ini biasa ditemukan di pesisir pantai Tahiti dan daerah tropis sekitarnya.

  • Mutiara Cortez

Mutiara jenis ini berwarna indah seperti pelangi yang biasa ditemukan di pesisir pantai Laut Cortez, Meksiko. Mutiara jenis ini juga merupakan salah satu jenis mutiara yang langka di dunia. Dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis mutiara lainnya, yakni mencapai 8mm hingga 12 mm.

  • Mutiara Conch

Berbeda dengan jenis mutiara pada umumnya, mutiara Conch biasa tumbuh di dalam kerang yang berbentuk spiral. Mutiara jenis ini memiliki warna pink dan peach serta memiliki bentuk yang seperti api. Mutiara Conch bisa ditemukan di daerah perairan Karibia dan Pasifik Selatan.

Ketika anda hendak memilih perhiasan mutiara, selain mengetahui jenisnya anda juga perlu memperhatikan kualitas dari perhiasan tersebut. Kualitas yang dimiliki oleh perhiasan yang bertatahkan mutiara bisa ditentukan melalui beberapa hal, meliputi:

  • Warna

Warna yang terdapat pada mutiara umumnya terbagi menjadi warna utama dan warna nuansa. Untuk memeriksa kualitas warna yang dimiliki oleh mutiara, Anda bisa menyiapkan kain beludru putih yang berfungsi sebagai latar. Kemudian siapkan lampu spektrum penuh untuk mengetes kualitas warnanya.

  • Kilau

Tidak hanya berlian, mutiara berkualitas juga bisa dilihat dari kilauan mutiaranya. Semakin berkilau sebuah mutiara maka akan semakin bagus kualitas yang dimilikinya. Untuk mengetahui kualitas yang dimiliki mutiara dan seberapa baik kilaunya, Anda bisa memperhatikan pancaran atau refleksi cahaya pada semua sisi mutiara tersebut.

  • Kesempurnaan permukaan 

Permukaan mutiara juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Semakin halus permukaan sebuah mutiara, tentunya semakin bagus pula kualitasnya. Anda harus memperhatikan setiap sisi mutiara dengan cermat dan seksama untuk memastikan bahwa permukaan mutiara halus secara alami.

  • Ukuran dan bentuk

Ukuran dan bentuk juga menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas sebuah mutiara. Semakin besar ukuran dan bulat bentuk mutiara, maka semakin bagus kualitasnya. Ketika anda membeli perhiasan dengan untaian perhiasan mutiara, pastikan bahwa ukuran dan bentuk mutiara yang satu dan lainnya serupa. Bentuk dan ukuran serupa dari untaian mutiara merupakan ciri kualitas yang dimilikinya.

The Palace Jeweler merupakan produsen perhiasan yang menawarkan beragam koleksi perhiasan berkualitas dengan harga terjangkau. Koleksi perhiasan yang dihadirkan memiliki material terlengkap serta pemilihan berlian berkualitas dan kadar emas yang tepat sesuai dengan standar internasional. Segera dapatkan koleksi perhiasan berkualitas dari The Palace Jeweler.