Merencanakan keuangan keluarga harus dilakukan mengingat kebutuhan yang sifatnya mendesak adalah satu kondisi yang mau tidak mau harus dihadapi. Apalagi, jika berkaitan dengan masalah keuangan. Untuk itu, perlu diatur sedemikian rupa termasuk mengetahui jenis investasi apa yang cocok dengan kebutuhan.

Hal ini penting dikarenakan banyak sekali model peluang investasi yang ditawarkan kepada masyarakat sehingga Anda sebagai calon nasabah harus mengetahui secara pasti. Adapun pertanyaan yang kerap diajukan adalah perbedaan giro dan tabungan.

Sekilas, keduanya tidaklah berbeda karena sama sama menawarkan fasilitas penyimpanan uang. Akan tetapi, jika dilihat lebih dalam lagi maka ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Apa saja itu?

perbedaan giro dan tabungan
Perbedaan giro dan tabungan
  • Laporan Bulanan

Kita tahu bahwa Bank tidak akan memberikan laporan bulanan kepada nasabah yang memiliki tabungan. Jika nasabah ingin mengetahui segala transaksi keuangan maka nasabah datang ke kantor Bank terdekat untuk mencetak atau menyalin segala transaksi yang terjadi. Atau, bisa juga dengan mengecek secara internet atau mobile banking dan mencetak untuk kebutuhan pribadi.

Sementara bagi nasabah yang memiliki rekening Giro akan mendapatkan laporan bulanan dengan cara mengirimkan surat ke alamat yang diinginkan. Atau, bisa juga dengan mengirimkan lewat email untuk mengetahui transaksi yang sudah terjadi tanpa harus datang ke Bank.

  • Media penarikan

Bagi pemegang rekening tabungan, maka setiap nasabah akan diberikan kartu ATM yang nantinya akan dijadikan sebagai alat untuk melakukan berbagai transaksi. Entah itu penarikan tunai, belanja dan lainnya. sebaliknya, bagi pemegang rekening Giro akan diberikan cek atau bilyet Giro sebagai alat pembayaran.

  • Jumlah penarikan dan transfer

Bagi pemegang rekening tabungan, pihak Bank akan memberikan pembatasan untuk penarikan tunai serta transfer yang bisa dilakukan. Untuk pembatasan ini tergantung dari jenis kartu ATM yang digunakan. Akan tetapi, jika ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar maka cara yang bisa digunakan adalah mendatangi langsung pihak Bank. Sementara, untuk pemegang rekening Giro justru tidak ada pembatasan limit transfer yang nilainya juga cukup besar.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan giro dan tabungan dan diharapkan Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.