Sepertinya ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat yang berniat pinjaman cepat di bank, tapi hanya bermodal Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bisakah Anda meminjam dengan hanya bermodal KK dan KTP? Tentu dalam artikel ini akan kami ulas Karena terkadang kita bingung meyakinkan pihak lain kalau niat meminjam dana itu disertai hati yang jujur dan niat untuk mengembalikan.

Di sisi lain, orang Indonesia punya karakter mencari pinjaman yang praktis tanpa susah-susah melengkapi persyaratan. Situasi inilah yang sebenarnya membuat praktik rentenir atau lintah darat tumbuh subur. Sebagian dari mereka tak peduli pinjaman dari rentenir jelas-jelas mencekik leher karena bunganya tinggi. Mereka hanya ingin dapat pinjaman cepat tanpa proses yang berbelit-belit.  

pinjaman cepat
pinjaman cepat

Padahal kalau mau dicerna lebih jauh, tak sulit mengajukan pinjaman cepat ke bank. Asal paham dulu aturan mainnya. Di bawah ini ada beberapa produk pinjaman dari bank yang menyasar pengusaha usaha kecil menengah (UKM) dan cukup dengan modal KTP. Namun, ada beberapa persyaratan tambahan yang mesti diperhatikan.

  • Solusi Modal dari Bank Danamon

Ini produk pinjaman cepat dari Danamon Simpan Pinjam. Sasarannya mereka yang punya usaha sendiri, terutama para pengecer atau retailer. Nilai pinjamannya maksimal Rp 50 juta. Perlu diketahui, produk ini hadir setelah Danamon menggelar survei terhadap 1.000 pengusaha mikro di 8 kota besar di Indonesia. Survei itu mengungkapkan keluhan dari mereka terhadap rumitnya persyaratan dan proses mengajukan pinjaman.

  • Bebas dari BTPN

Produk pinjaman tanpa jaminan ini juga menyasar sektor usaha kecil. Plafon maksimalnya Rp50 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 24 bulan. Asyiknya, mengajukan pinjaman ini tak sekadar dapat uang tapi juga ilmu. Pasalnya, Bank BTPN menawarkan kesempatan nasabahnya mendapat pelatihan dalam mengelola bisnis agar makin berkembang. Pelatihan itu disebut Program Daya.

Kelebihan tambahan lainnya produk ini sudah disertai manfaat asuransi jiwa. Artinya, nasabah akan terbebaskan dari cicilan angsuran jika di tengah jalan masa kredit nasabah meninggal dunia. Cuma ada satu catatan yang harus digarisbawahi, BTPN hanya bersedia mencairkan pinjaman Bebas kepada nasabah yang sudah menjalankan usahanya minimal dua tahun.