Di negara yang subur seperti negara kita, dimana berbagai bahan makan bisa ditemukan dengan mudah. Masih saja kita jumpai keadaan anak yang mengalami malnutrisi. Bukan hanya di desa terpencil, tetapi juga di tengah perkotaan yang ramai.

Malnutrisi adalah suatu keadaan tubuh seseorang kurang mendapatkan asupan zat gizi yang sesuai.  Bisa juga ketidak seimbangan antara zat makanan yang didapatkan dengan yang menjadi kebutuhan tubuh.

Pada pemberian zat makanan yang cukup, tetapi tubuh tidak dapat menyerap makan dengan baik dapat juga terjadi Malnutrisi. Biasanya terjadi pada orang-orang dengan penyakit kronis.

malnutrisi
malnutrisi

(source:https://www.thepragmaticparent.com/wp-content/uploads/2016/09/picky-eater-1024×683.jpg)

Saat ini kasus kekurangan zat makan ini berhubungan erat dengan kemiskinan. Dimana kemampuan sebuah keluarga untuk menghadirkan makan yang bergizi sangat kurang. Ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Gejala kekurangan zat makan yang dibutuhkan ini ada beberapa jenis. Pada keadaan kurangnya asupan protein, maka tubuh akan terlihat kurus, berat badan menurun drastis. Anak menjadi mudah lelah.

Pada keadaan kekurangan zat protein yang parah, perut akan tampak membuncit dengan kulit yang tipis. Pipi dan mata cekung dengan rambut yang mudah rontok serta kering dan kecoklatan.

Mengatasinya bisa dengan menjamin kecukupan protein pada makan sehari-hari. menambahkan protein pada makanan camilan anak, seperti membuat kue yang dicampur susu Nestle, atau minuman milo kotak sebagai bekal sehari-hari.

Pada kekurangan asupan vitamin dan mineral tertentu seperti yodium, seng, zat besi dan vitamin A. Akan tampak mata yang kering dan susah melihat pada malam hari, nafsu makan turun hingga pertumbuhan yang terhambat.

Solusi untuk hal ini tentu saja dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari dalam makanan. Bisa ditambahkan pada garam dapur atau tablet vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Selain itu bisa juga dalam makanan ringan sehari-hari yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan. Seperti aneka camilan dari Nestle yang mengadung zat gizi, vitamin mineral cukup untuk kebutuhan anak sehari-hari.