Pertumbuhan dan perkembangan seorang anak harus diperhatikan dengan baik oleh orang tuanya segala macam perubahan yang ada di dalam dirinya baik berupa pertumbuhan fisik dan perkembangan mental harus senantiasa diperhatikan sehingga berbagai macam hal buruk bisa diatasi dan ditemukan solusinya. Salah satu contohnya adalah ketika buah hati kita belajar berbicara.

Pada umumnya seorang anak yang berusia 2 tahun keatas sudah pandai berbicara minimal kosakata sederhana dan memanggil kedua orang tua mereka. Akan tetapi ada beberapa anak yang mengalami kesulitan saat berbicara yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Semua orang tua perlu mengenali dan mengetahui ciri anak tidak bisa bicara.

ciri anak tidak bisa bicara
ciri anak tidak bisa bicara

Berikut ini ada beberapa macam ciri anak tidak bisa bicara yang bisa diketahui dengan sangat mudah oleh setiap orang tua. Ciri pertama adalah anak-anak sulit untuk mengungkapkan apa yang diinginkannya secara verbal. Anak-anak yang kesulitan pada saat belajar berbicara biasanya cenderung lebih diam dan tidak aktif bicara.

Sebagai solusinya semua orang tua bisa membiasakan mereka dari sedini mungkin untuk diajak berkomunikasi hingga buah hati kita terbiasa mendengarkan beberapa macam kosakata sederhana dan boleh belajar untuk melafalkannya. Ciri selanjutnya seorang anak kesulitan saat belajar berbicara adalah tidak mengenali gestur atau bahasa tubuh dari orang tuanya.

Seorang anak yang mengalami kesulitan belajar berbicara biasanya akan sulit untuk memahami gestur atau arahan yang diberikan oleh orang tuanya. Ciri anak tidak bisa bicara selanjutnya tidak bisa memahami bahasa tubuh orang tuanya ketika mengarahkan sesuatu. Salah satu contohnya ketika menunjuk pada suatu benda seorang anak tidak akan cukup responsif terhadap gestur atau bahasa tubuh yang diberikan oleh orangtuanya.

Semua ciri-ciri tersebut harus dikenali sedini mungkin oleh setiap orang tua sehingga semua orang tua bisa mendapatkan solusi yang ampuh dan jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Kurangnya asupan nutrisi dan gizi selama masa pertumbuhan mungkin menjadi salah satu penyebab lain mengapa seorang anak mengalami keterlambatan ketika belajar berbicara.

Memberikan masukan berupa susu pertumbuhan anak bisa menjadi salah satu solusi yang sangat ampuh untuk memenuhi setiap gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap anak pada masa pertumbuhan dan perkembangan.