Menabung sepertinya menjadi keharusan masyarakat sekarang. Menabung adalah kebiasaan, bisa dibilang menabung bukan hal yang mudah dilakukan. Ada berbagai macam cara yang dilakukan untuk menabung, salah satunya adalah membuka tabungan di bank. 

Namun, sebelum Anda membuka tabungan di bank Danamon. Ada baiknya ikuti tips berikut agar menabung lebih efektif. 

tabungan
tabungan

1. Tentukan tujuan awal menabung

Sebelum memutuskan untuk membuka simpanan di bank, tentukan dahulu tujuan Anda menabung. Ada berbagai pilihan simpanan di bank, misalnya simpanan investasi, bisnis, pendidikan,  dan lain sebagainya. 

2. Pilih bank terbaik menurut Anda

Ada berbagai macam bank dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentukan dahulu pilihan bank yang sesuai dengan kriteria Anda. Yang pasti pilih bank yang ada  di sekitar kota tempat tinggal. Tujuannya untuk memudahkan Anda setor. 

3. Siapkan uang tabungan yang banyak

Sebelum memutuskan untuk menabung, siapkan dulu uangnya yang banyak. Memang setiap bank memiliki  setoran awal yang berbeda. Tapi jika Anda setor awal cukup besar, maka itu bisa menjadi standar untuk setoran selanjutnya.

4. Berhemat

Ada dua cara untuk menambah uang simpanan. Yaitu  dengan mengurangi uang jajan, atau mencari penghasilan lain. Cara kedua akan kita bahas pada point selanjutnya. Sedangkan cara yang pertama adalah cara yang paling mudah. Dengan mengurangi uang jajan. Misalnya ketika keluar, bawalah uang pas. Karena dengan begitu Anda tidak akan tergiur untuk membeli yang lain. 

5. Cari uang tambahan

Pilihan ini sangat terbuka bagi Anda. Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk mencari uang tambahan untuk menabung. Misalnya membuka usaha kecil-kecilan. Karena usaha ini sudah dipakai oleh banyak orang. Tidak salah jika Anda perlu mencobanya.

6. Sisihkan penghasilan untuk ditabung

Anda bisa menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan, dan mungkin ini bisa menyelamatkan dari bencana keuangan. Ini merupakan penelitian dan perumusan dari ahli finansial. Namun Anda tidak perlu takut akan musibah. Santai saja, simpan seperlunya dan pakai juga seperlunya. 

Itulah tips yang bisa digunakan sebelum Anda membuka tabungan di bank. Tentukan mulai dari sekarang. Selamat mencoba.