Seberapa berkualitas pun perhiasan yang Anda miliki, jika tidak dirawat maka akan tampak kusam. Pasalnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkannya kusam, salah satunya yaitu debu yang tanpa kita sadari menutupi kilaunya. Nah, agar perhiasan wanita yang Anda miliki tetap berkilau dan cantik, pastikan Anda merawatnya secara teratur, ya.

Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara merawatnya, di sini kami akan membagikan tipsnya kepada Anda. Jadi, silahkan simak artikel ini hingga selesai, ya.

1.      Bersihkan Perhiasan Secara Rutin

Jika Anda sering menggunakan perhiasan, baik saat bekerja, ke berbagai pesta, dan acara lainnya, usahakan untuk selalu membersihkannya. Cara membersihkannya bisa dilakukan secara sederhana saja. Anda bisa merendamnya dengan sabun, namun pastikan Anda gunakan jenis sabun khusus, ya.

perhiasan wanita
perhiasan wanita

Selain membersihkannya sendiri, Anda juga bisa membersihkannya melalui toko-toko perhiasan yang menyediakan layanan tersebut. Mereka akan mencuci dan membersihkannya melalui metode yang tepat dan sempurna.

2.      Jangan Sampai Terkena Cairan Kimia

Cairan kimia yang dimaksud adalah cairan yang datang dari lotion, parfum, dan produk kecantikan Anda. Hal ini tidak hanya berlaku untuk emas saja, juga berlaku untuk berlian yang ada pada perhiasan Anda. Pasalnya, cairan tersebut akan menutupi kilau perhiasan Anda.

Solusinya adalah, gunakanlah lotion atau parfum terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan perhiasan. Dengan begitu, aksesoris yang Anda gunakan tersebut tidak akan terkena oleh cairan-cairan kimia yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

3.      Pisahkan Tempat Penyimpanan Berlian

Anda bisa menyatukan perhiasan emas berbahan logam bersama-sama. Namun, sebaiknya Anda tidak menempatkan perhiasan dengan berlian di satu tempat yang sama. Pasalnya, berlian akan saling menggores satu sama lain. Meskipun berlian adalah batu yang keras, namun jika ditempatkan bersama-sama, rentan terjadi goresan.

Dengan memisahkan tempat berlian, maka kemungkinan timbulnya cacat akan diminimalisir sebaik mungkin. Dengan begitu, kualitas berlian yang Anda miliki akan tetap terjaga.

4.      Pilih Tempat Perhiasan yang Tepat

Ada banyak jenis tempat perhiasan yang ada di pasaran. Namun, jangan sampai Anda salah memilihnya. Pasalnya, masing-masing tempat biasanya memiliki material yang berbeda-beda dalam pembuatannya. Pastikan tempat yang dipilih tidak terbuat dari besi. Karena, bahan besi bisa menimbulkan korosi atau karat yang tidak bagus untuk emas Anda.

Pilihlah tempat perhiasan yang terbuat dari kayu yang dilengkapi dengan kain khusus yang lembut. Tempat ini sangat ideal karena tidak akan berpengaruh pada kualitas perhiasan Anda.

5.      Jangan Digunakan Jika Tidak Diperlukan

Memiliki perhiasan yang bernilai tinggi memang selalu menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan Anda harus menggunakannya setiap hari, bahkan ketika sedang santai di rumah. Tujuannya agar tidak banyak debu atau hal lain yang menempel pada perhiasan.

Gunakanlah perhiasan tersebut hanya untuk di acara-acara tertentu saja. Misalnya pada saat ke pesta, ke kantor, dan lainnya. Selain itu, jangan menggunakanya pada saat Anda melakukan aktivitas berkeringat. Karena, keringat mengandung zat asam yang dapat membuat perhiasan kusam.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menyebabkan perhiasan emas dan berlian Anda menjadi kusam. Untuk menjaganya, silahkan lakukan tips-tips di atas. Dengan begitu, perhiasan yang Anda gunakan kilaunya tetap terjaga dan kualitasnya pun tetap baik sehingga nilai investasinya tidak berkurang.

Demikian informasi seputar tips merawat perhiasan wanita. Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, lho. Selain itu, bagi Anda yang ingin membeli perhiasan berkualitas terbaik, Anda bisa mempercayakannya kepada The Palace, yaitu toko perhiasan kredibel dan berkualitas.