Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Kolesterol ini adalah lemak tubuh atau bisa disebut dengan nama lipid. Kolesterol ini mempunyai berbagai fungsi di dalam tubuh manusia. Tapi, jika kadar koleseterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi saja. Maka hal tersebut bisa menjadi salah satu potensi masalah yang sangat serius bagi kesehatan tubuh manusia. Berbagai macam makanan yang sudah terbukti bisa menurunkan kadar koleseterol jahat di dalam tubuh manusia.
Dalam keadaan tertentu, kolesterol ini mempunyai manfaat yang sangat penting untuk tubuh manusia, namun dalam hal tertentu juga bisa membunuh manusia.

Beberapa fungsi dan kegunaan dari kolesterol ini adalah untuk lemak tubuh yakni penyusun struktur pada membran sel-sel manjusia, dapat melindungi kulit dari racun dan juga pada masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama sinar UV) serta juga dapat membentuk asam empedu pada usus. Tapi, kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia bisa menjadikan berbagai gangguan kesehatan yang sangat serius seperti halnya gangguan ereksi, serangan jantung, gagal ginjal, stroke dan juga dapat pula meningkatnya resiko penyakit Alzheimer.Maka, di dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol:
1.Aneka Buah-Buahan.
Kandungan pektin dan senyawa bioaktif dalam buah-buahan sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus mencegah penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Aneka buah yang dimaksud seperti apel, anggur, jeruk serta stroberi.
2. Aneka Sayur-Sayuran.
Kandungan sumber serat, antioksidan serta rendah kalori dalam sayur-sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. Aneka sayur-sayuran yang dimaksud yaitu terong, wortel serta kentang.

3.Ikan
Sumber asam lemak omega 3 dalam ikan dapat meningkatkan kesehatan organ jantung dan menghindarkan dari peradangan dan stroke. Salmon dan mackerel merupakan dua jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3.

4. Kacang-Kacangan
Kandungan asam lemak omega 3, protein, L-arginine, pitosterol, kalsium, magnesium serta kalium dalam kacang-kacangan bermanfaat untuk menyehatkan jantung, mengatur tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Almond dan kenari merupakan dua jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

5. Alpukat
Sumber serat serta lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk itulah, sangat disarankan untuk memulai menyediakan buah alpukat sebagai menu diet Anda.

6. Bawang Putih
Kandungan senyawa yang bernama allicin dalam bawang putih berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk itulah, sediakan bawang putih sebagai salah satu bahan dari berbagai masakan favorit sehari-hari keluarga Anda.

Bisa baca artikel lainnya di situs susanekajuwita.com