Seorang ibu hamil telah kita ketahui bahwa dalam masa kehamilannya tersebut sangat membutuhkan asupan gizi yang lengkap, bayi yang di kandungnya tersebut dipastikan tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak mudah untuk memnuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil selama 9 bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan mejadi kebutuhan pokok bagi ibu hamil agar bayi yang dikandungnya tersebut sehat.

Meskipun sebagian ibu hamil dibantu dengan asupan suplemen selaa kemahilannya, tapi tetap saja makaan sehat dan bergizi menjadi kebtuuhan yang harus di prioritaskan. Berikut ini beberapa asupan gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan jangan sampai terlewatkan:

  1. Asam folat, Asam folat ini dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu mencegah bayi lahir cacat atau lahir dengan kelainan. Asam folat juga dapat membantu kemcegah keguguran, anemia saat kehamilan, dan juga kelahiran prematur. Kebutuhan asm folat bisa Anda dapatkan dari makanan seperti sayuran hijau (brokoli dan bayam), mangga, kiwi, tomat, lemon, jeruk, stroberi, kacang-kacangan, melon, roti dan sereal yang diperkaya dengan asam folat.
  2. Zat besi, volume darah saat kehamilan menjadi lebih besar karena sang bayi pun membutuhkan pasokan darah, sehingga tubuh Anda akan mengalami perubahan saat hamil pun bisa terjadi, seperti kekurangan darah (anemia). Maka dari itulah, kebtuuhan zat besi bagi ibu hamil sangat dibutuhkan untuk membuat sel darah merah. Anda bisa dapatkan sumber zat besi dari ayam, daging merah tanpa lemak, kacang merah, ikan, bayam, sayuran hijau, kubis, dan lainnya. Anda bisa mengonsumsi makanan sumber zat besi bersama dengan minuman atau makanan yang mengandung vitamin C.
  3. Vitamin D, dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, vitamin D juga sangat dperlukan untuk ibu hamil dalam menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsinya. Sumber makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan dan telur.
  4. Kalsium, bayi dalam kandungan pun membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan tulang serta giginya, si bayi akan mengambil kebtuuhan kalsiumnya darii sang ibu, untuk menjaga kepadatan kalsium ibu, maka asupan kalsium bagi ibusangat dibutuhkan sekali untuk mecegah tekanan darah tinggi di saat kehamilan. Ibu dapat mengonsumsi kacang almond, susu, yoghurt, jus jeruk, keju, ikan salmon, brokoli, bayam, kale dan juga lainnya.
  5. Vitamin C, dapat menyerap zat besi dalam tubuh dan juga membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi, menjaga kesehatan pembuluh darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C bisa di dapatkan dari buah-buahan, seperti melon, stroberi, mangga, jeruk, lemon, kiwi dan lainnya.
  6. Kolin, Kolin juga dapat menjaga kesehatan tulang ibu saat hamil dan dapat mencegah ibi hamil dari tekanan darah tinggi. Kolin dapat mencegah bayi lahir cacat ataupun masalah pada tulang belakang dan otak. Makanan sumber kolin dari ikan salmon, ayam, telur, brokoli dan makanan lainnya.
  7. Seng, sumber gizi ini mungkin banyak terlupakan, ternyata kecukupannya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seng juga diperlukan untuk membantu otak bayi berkembang dengan baik. Makanan sumber seng seperti kepiting, daging merah, sereal gandum, yoghurt, dan lainnya.
  8. Iodum, dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid, mendukung pertumbuhan serta perkembangan bayi saat di kandung, membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi, serta mencegah keguguran. Sumber Iodium bis di dapatkan dari keju cottage, ikan cod, kentang, yoghurt, susu sapi dan lainnya.
    Itulah beberapa sumber Kebutuhan Gizi Ibu Hamil yang dibutuhkan agar ibu sehat bayi pun sehat dengan asupan gizi yang cukup serta seimbang.