Atensi atau yang memiliki istilah lain perhatian merupakan sebuah proses menangkap informasi, mengingat, serta kognitif lainnya. Anak yang memiliki atensi baik mampu memusatkan dan mempertahankan konsentrasinya pada kegiatan yang sedang dilakukan. Kemampuan ini penting di masa sekolah karena anak perlu memberikan atensi pada pelajaran atau hal lainnya.

Normalnya, anak usia 1-2 tahun memiliki kemampuan atensi selama 5 menit. Mam juga bisa memberikan stimulas anak 1 tahun berikut ini demi meningkatkan aspek atensinya:

stimulas anak 1 tahun
stimulas anak 1 tahun

Membacakan Cerita

Membacakan cerita atau dongeng merupakan stimulasi pertama yang bisa coba Mam terapkan. Selain atensi, aktivitas ini juga bisa membantu mengasah konsentrasi serta imajinasi si Kecil. Carikan buku dongeng atau buku cerita yang menarik sesuai usia si Kecil. Bacakan dengan intonasi sesuai cerita agar si Kecil semakin tertarik untuk menyimak.

Mainan dan Alat Bantu

Stimulasi anak 1 tahun melalui mainan dan alat bantu memang terbilang cukup efektif untuk dilakukan. Pasalnya, si Kecil di usia ini masih sangat suka bermain dengan mainannya. Beberapa mainan yang bisa melatih atensi yaitu meronce manik-manik, puzzle, balok susun, mainan kartu, dan lain sebagainya. Namun usahakan jangan berlebihan memberikan stimulasi saat bermain dan biarkan mereka untuk bermain sesuai imajinasinya.

Belajar Melalui Komunikasi Sehari-hari

Cara membantu mengembangkan aspek atensi yang terakhir adalah melalui komunikasi sehari-hari. Ketika Mam mengajak si Kecil berbicara, usahakan untuk memposisikan diri sejajar agar mereka lebih nyaman tanpa perlu mendongak. Ajak komunikasi si Kecil secara jelas, runtut, serta tidak terburu-buru. Hindari berkomunikasi dengan si Kecil tanpa perhatian, misalnya berkomunikasi sambil melihat ponsel dan lain sebagainya.

Itulah stimulasi anak 1 tahun yang dapat membantu mengembangkan aspek atensi pada perkembangan kognitifnya. Selain atensi, Mam juga perlu memperhatikan aspek perkembangan kognitif lainnya seperti psikomotorik, problem solving, memori, serta bahasa.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan bergizi, serta dilengkapi dengan susu pertumbuhan Wyeth Nutrition. Produk Wyeth Nutrition untuk anak usia 1 tahun di masa pertumbuhannya yaitu S-26 Procal GOLD. Rasa vanila yang dihadirkan juga bisa menambah nafsu si Kecil untuk meminum susu.