Di Indonesia, ada berbagai jenis mobil yang bisa Anda dapatkan sesuai keinginan Anda. Mulai dari ukuran mobil yang beragam, mesin mobil hingga asal mobil yang memiliki perbedaan tersendiri. Salah satunya yakni mobil-mobil yang berasal dari Amerika dan Eropa.

Mobil yang berasal dari Amerika dan Eropa tergolong tidak banyak di Indonesia. Karena, mayoritas orang memilih untuk memilih mobil dari Jepang atau negara Asia lainnya yang lebih mudah didapat dan memiliki persediaan suku cadang yang memadai. Akan tetapi, meski mobil Jepang memberikan keunggulan tersendiri, bukan berarti tidak ada peminat mobil Amerika atau Eropa sama sekali di Indonesia. Lalu, mengapa peminat mobil Amerika atau Eropa masih banyak hingga saat ini di Indonesia? Inilah beragam alasan mengapa Anda perlu memiliki mobil Amerika atau Eropa.

Desain mobil

Secara desain, mobil Amerika atau Eropa terlihat cukup berbeda dengan mobil yang berasal dari Jepang. Karena, umumnya mobil yang berasal dari Amerika atau Eropa memiliki desain yang elegan dan punya ciri khas tersendiri. Hal inilah yang tidak akan Anda dapatkan saat membeli mobil Jepang dimana mayoritas mobilnya punya desain yang sporty dan seragam hampir di tiap mereknya. Hal inilah yang membuat peminat mobil Amerika atau Eropa tak pernah surut meski Harga mobil Chevrolet cenderung stabil diatas mobil-mobil Jepang.

Kualitas mesin

Selain desain mobil yang berbeda, mobil Eropa ataupun Amerika juga punya kualitas mesin yang berbeda dengan mobil Jepang. Hal ini biasanya menjadi alasan utama mengapa banyak orang memilih mobil yang berasal dari Amerika atau Eropa. Meski suku cadangnya tidak mudah didapat, namun mobil yang berasal dari Amerika atau Eropa memiliki kualitas mesin yang lebih bertenaga dibandingkan mobil-mobil Jepang pada umumnya. Sehingga, wajar jika banyak orang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar harga mobil BMW bekas yang masih tinggi melebihi harga mobil Jepang yang masih baru.

Selain dua hal diatas, ada juga faktor non teknis yang membuat mobil Amerika atau Eropa masih diminati hingga sekarang ini yakni prestige atau kebanggaan. Para pemilik mobil yang berasal dari luar Asia cenderung memiliki rasa bangga tersendiri karena memiliki mobil yang berbeda dengan mobil-mobil lainnya di Indonesia. Sehingga, wajar jika hingga saat ini peminat mobil Amerika atau Eropa di Indonesia tidak pernah surut sama sekali.