Ada banyak bidang yang menjadi fokus kuliah, misalnya kuliah desain, pendidikan, hukum, dan lain sebagainya. Jurusan saat kuliah ini akan sangat berpengaruh pada masa depan sehingga memilihnya perlu perhitungan matang.

Desain menjadi jurusan yang cukup populer saat ini. Banyak siswa SMA/SMK bahkan yang lebih kecil memilih desain sebagai jurusan kuliah mereka di masa depan. Jurusan desain memang punya banyak keunggulan salah satunya prospek kerja di masa depan yang tinggi dan berpenghasilan baik.

Jurusan Kuliah Desain

Saat ini banyak universitas maupun sekolah tinggi yang menawarkan jurusan desain untuk jenjang diploma maupun sarjana Strata 1. Misalnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College). 

Jurusan desain sendiri terbagi menjadi beberapa program studi dengan fokus yang berbeda-beda. Ada yang fokus pada desain grafis, desain bangunan, dan lainnya. Berikut adalah 5 jurusan desain dengan prospek kerja bagus di masa depan:

kuliah desain
  1. Desain Grafis dan DKV

Desain grafis merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai desain dengan media digital. Jurusan ini mempelajari mengenai cara pembuatan grafis, skema, ilustrasi, dan lainnya dengan menggunakan tools, seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Quark Xpress, dan lain sebagainya.

Jurusan ini akan mencetak para ahli desain grafis, ilustrator, desainer produk dengan media digital, animator, dan berbagai profesi berkaitan dengan desain dalam dunia digital.

  1. Teknologi Games

Selain desain grafis, kuliah desain juga menyediakan jurusan teknologi games. Inti pembelajaran dalam jurusan ini adalah pengembangan bakat dan keahlian dalam pembuatan game desktop maupun mobile.

Jurusan ini tepat untuk para penggemar game, bukan hanya memainkan tapi membuatnya juga. Mata kuliah di jurusan ini akan mencakup sistem game, algoritma, engine game, dan hal-hal berhubungan dengan game digital lainnya. 

  1. Arsitektur

Jurusan arsitektur juga termasuk dalam bidang ilmu desain. Dalam jurusan ini akan diberi pelajaran mengenai bagaimana perencanaan sebuah bangunan dari mulai menggambar desain bangunan hingga pengerjaannya, termasuk perhitungan biaya.

Jurusan arsitektur punya peluang kerja yang sangat luas dan hingga saat ini masih banyak dicari. Bergabung dengan sebuah firma untuk mengerjakan berbagai proyek bangunan atau bekerja sebagai arsitek lepas dapat dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan ini.

  1. Periklanan

Jurusan desain lainnya adalah periklanan. Tentunya, fokus jurusan ini adalah pada pembelajaran untuk melakukan promosi. Pembuatan iklan melalui media cetak, media digital, televisi, maupun media lainnya akan menjadi fokus pembelajaran.

Saat ini para ahli di bidang periklanan ini masih sangat diperlukan, karena perusahaan perlu mengiklankan produk maupun jasa mereka sehingga konsumen tertarik membeli atau menggunakan jasa mereka.

  1. Desain Interior dan Eksterior

Ada pula jurusan desain untuk mendesain ruangan, baik interior maupun eksterior. Jurusan ini juga membutuhkan keahlian dan jiwa seni yang tinggi. Saat ini, lulusan jurusan desain interior maupun eksterior juga sangat dicari.

Tertarik masuk jurusan desain atau ingin memasukkan buah hati ke jurusan desain? Anda bisa memilih STMIK IDS Digital College. Berbagai pilihan jurusan peminatan pada desain grafis, Mobile Apps & Games Development (MAG), Software Development (SD), serta Cyber Security (CS) tersedia di sekolah tinggi ini.

Fokus utama pembelajaran pada 3 area pengembangan sumber daya manusia, berupa pelatihan formal & nonformal serta bimbingan karier sehingga memenuhi kualifikasi kerja, penempatan kerja di perusahaan startups dan korporasi IDS Digital College, sehingga menghasilkan sarjana yang siap memasuki dunia kerja dan menghadapi tantangan teknologi. Ingin kuliah desain atau ilmu komputer, pilih STMIK IDS Digital College saja.