Bagi Anda yang baru saja mengenal kamera DSLR tentu belum terlalu familiar dengan beberapa mode. Ujung-ujungnya banyak fotografer pemula memilih menggunakan mode otomatis. Padahal ada beberapa mode lainnya yang jika digunakan akan membuat foto menjadi lebih maksimal. Berikut beberapa yang bisa kami jelaskan tentang mode yang seringkali ditemui dalam kamera DSLR dalam belajar fotografi :

1. Mode Otomatis

Tidak usah banyak penjelasan mengenai mode ini. Kebanyakan yang sedang belajar fotografi atau fotografer pemula menggunakan mode ini pada awal menggunakan kamera DSLR. Jika menggunakan mode ini, maka segala jenis pengaturan seperti shutter speed, aperture, ISO, white balance, fokus dan flash akan ditentukan oleh sensor kamera. Mode ini menghasilkan foto yang bagus dalam berbagai kondisi. Namun yang perlu diingat, foto yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan yang Anda harapkan, karena setting pengambilan foto diambil alih sepenuhnya oleh kamera.

2. Mode Potrait

Ketika beralih menggunakan mode ini, kameramu akan secara otomatis memilih settingan aperture besar. Dengan settingan ini, background foto akan kabur (blur) dan gambar di depan lebih tajam. Mode ini sesuai digunakan jika mengambil foto dengan fokus di satu objek, terutama foto close up (wajah hingga bahu).

3. Mode Makro

Gunakan mode ini jika ingin memotret objek lebih dekat. Mode ini cocok sekali untuk mengambil foto bunga, serangga atau objek kecil lainnya. Beberapa kamera punya setting berbeda di mode makro ini. Yang perlu diperhatikan, memfokuskan objek akan terasa lebih sulit di mode ini. Usahakan antara kamera dan objek berada dalam satu garis pararel, atau Anda akan menemukan hasil foto yang tidak fokus (blur).

Jadi bagaimana, sudah ada gambaran mode apa yang akan Anda pakai? Kalau sudah, jangan hanya dibayangkan, segera berlatih agar lebih paham. Karena practice makes perfect, tunggu tips belajar fotografi dasar dari IDS yang lain. Anda mau belajar fotografi? IDS ini sudah menyediakan kursus Fotografi terbaik di salah satu dari banyaknya sekolah terbaik di Indonesia.