Memutuskan untuk menjadi seorang karyawan ketika masih mengenyam pendidikan bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa faktor yang penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan kuliah sambil kerja. Nah, untuk Anda yang sedang merencanakannya, di sini kami akan membagikan tips agar keduanya bisa berjalan sesuai rencana.

Kedua hal tersebut akan berdampak positif bagi jenjang karier di masa yang akan datang. Namun sayangnya, keduanya tidak mudah dijalankan begitu saja. Anda harus mempersiapkan diri sejak dini.

Tips Agar Kerja Sambil Kuliah Berjalan Sesuai Rencana

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Untuk Anda yang saat ini berencana menjalani keduanya secara bersamaan, simak berikut tips agar mudah menjalankannya.

1. Pilih Tempat Kerja yang Tidak Jauh dari Tempat Kuliah

Jarak tempat kerja dan tempat belajar, akan menentukan kesuksesan Anda dalam menjalankan keduanya. Karena, jika kedua jaraknya jauh, maka akan sulit untuk menjalankan keduanya.

Selain melelahkan, jarak juga akan mengakibatkan banyak waktu yang terbuang. Jadi, pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan tempat kerja yang strategis.

2. Pilih Kelas Karyawan

Agar mudah menjalankan keduanya, pilihlah kuliah kelas karyawan. Biasanya, kelas ini akan diikuti satu minggu dua kali saja. Dengan begitu, Anda akan mudah ketika membagi waktu antara kuliah dan bekerja.

Selain itu, kelas karyawan sangat cocok sekali untuk Anda yang sudah bekerja. Setelah lulus nanti, jenjang karier akan semakin baik di tempat Anda bekerja, atau di tempat lain.

3. Pilih Fakultas yang Sesuai

Ada banyak sekali fakultas atau jurusan yang bisa Anda pilih. Namun, pastikanlah memilih fakultas yang sesuai dengan profesi. Misalnya, jika Anda bekerja sebagai seorang admin, silahkan pilih jurusan administrasi.

Hal di atas akan meningkatkan peluang jenjang karier yang lebih bagus di tempat Anda kerja. Selain itu, Anda juga bisa memilih fakultas sesuai dengan passion atau kemampuan masing-masing.

4. Siapkan Stamina dan Manajemen Waktu

Jika Anda memilih kelas karyawan, Anda tetap harus mempersiapkan stamina. Karena, akhir pekan Anda akan diisi dengan tugas-tugas belajar yang bisa saja menumpuk. Artinya, belajar dan bekerja akan dilakukan bersamaan di akhir pekan.

Selain stamina, pandailah dalam membuat manajemen waktu. Pastikan Anda memiliki waktu yang luang untuk belajar. Dengan begitu, kedua hal di atas bisa dijalankan secara mudah sesuai dengan rencana.

Tempat Kuliah Kelas Karyawan Terbaik

Berminat untuk bekerja sambil kuliah? Kini telah hadir IDS Digital College yang akan mewujudkan keinginan Anda. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih. Bahkan, ada banyak jurusan terbaik yang banyak dibutuhkan di era modern ini.

Kenapa harus di IDS Digital College? Karena telah berkolaborasi dengan PSG School of Technology, India. Kolaborasi tersebut, bertujuan untuk membangun kurikulum dengan taraf internasional.

IDS Digital College siap membantu seluruh mahasiswa untuk mendapatkan skill yang relevan sebelum terjun di dunia startup.

Cara Mendaftar di IDS Digital College

Bagi calon mahasiswa baru, Anda bisa langsung mengunjungi website Ids.ac.id. Di sana banyak informasi yang bisa Anda dapatkan terkait pendaftaran. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kontak yang tertera pada situs tersebut.

Sebagai informasi, IDS Digital College sendiri beralamat di:

  • Jalan Raya Kalibata Nomor 1 Jakarta Selatan Indonesia.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online, atau bisa langsung menghubungi alamat di atas.

Nah, itulah informasi seputar kuliah sambil kerja yang wajib Anda ketahui. Bagi yang bingung mencari tempat kuliah terbaik, IDS Digital College adalah salah satu solusinya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang saat ini sedang mencari tempat kuliah terbaik di Jakarta.