IDS atau International Design School menyelenggarakan banyak program studi yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda. Nah, dari sekian banyak jenis program studi yang disediakan oleh IDS, DKV atau Desain Komunikasi Visual adalah salah satunya. Berbagai hal yang berkaitan dengan DKV di IDS akan dibahas dalam artikel kita kali ini.

Ketika anda kuliah DKV di IDS, maka sesungguhnya anda sudah memilih jalan yang sangat tepat. Mengapa ? ya, karena dengan mempelajari DKV maka anda akan menguasai tentang apa dan bagaimana konsep komunikasi dan ungkapan kreatif yang mana keahlian tersebut akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam industry kreatif yang notabene bidang ini sedang memperoleh perhatian dari banyak pihak, termasuk dari pemerintah.

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari  konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain.

Ada banyak hal yang dipelajari ketika anda kuliah DKV tersebut. Ilmu dasar yang bakal dipelajari di desain komunikasi visual ialah dasar-dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, anda juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya.

Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Ketiga pembidangan ini akan menjadi pilihan pada semester 6 perkuliahan. Pada pembidangan komunikasi grafis, anda akan mendapatkan mata kuliah pengkhususan, yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya.

Pada saat anda mengambil satu jenis program studi, tentunya orientasi anda adalah prospek karir yang akan anda dapatkan di masa depan. Karir anda akan cemerlang di masa yang akan datang ketika anda tidak keliru dalam memilih program studi. Kuliah DKV di IDS akan mengantarkan anda ke gerbang kesuksesan mengingat banyak sekali jenis karir atau pekerjaan yang bisa anda lakukan dengan penghasilan yang maksimal.

Lulusan desain komunikasi visual sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Alasannya ialah saat ini banyak perusahaan yang bergerak di industri kreatif dan banyak pula perusahaan lainnya yang membutuhkan orang dengan keahlian desain komunikasi visual ini.

Anda bisa bekerja di biro periklanan, perusahaan game, production house, stasiun televisi, percetakan dan penerbitan, biro konsultasi desain, biro hubungan masyarakat di suatu perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga berwirausaha atau bekerja secara freelance sebagai desainer komunikasi visual.