Setiap hari Anda dibombardir dengan banyak sekali gambar yang dapat Anda lihat, mulai dari desain yang ada pada kotak sereal Anda di pagi hari hingga aplikasi di ponsel Anda dan juga iklan di TV. Desain komunikasi visual mencakup semua bidang ini dan banyak lagi yang lainnya. Banyak perguruan tinggi memiliki program gelar desain komunikasi visual yang berfokus pada desain grafis, keterampilan komunikasi, seni dan media visual.

Pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari universitas jurusan DKV ini berkutat dari desain situs web hingga produser film hingga jurnalis foto. Secara keseluruhan, gaji rata-rata untuk seseorang di bidang ini tidak bisa dianggap remeh, tetapi dapat bervariasi tergantung pada jalur karir masing-masing.

universitas jurusan DKV
universitas jurusan DKV
Desainer grafis

Desainer grafis menciptakan produk visual untuk dicetak dan bentuk digital di sejumlah bidang, dari surat kabar hingga untuk promosi. Mereka dapat mendesain buku, majalah, selebaran atau poster. Dengan menggunakan berbagai program perangkat lunak dari Adobe InDesign hingga Photoshop atau secara manual membuat sketsa dan mengilustrasikan berbagai ide.

Mereka menggabungkan keterampilan mereka dalam bentuk seni visual dan komunikasi. Yang bertujuan untuk membantu mengilustrasikan ide-ide kompleks dengan cara-cara yang dapat diakses untuk bisnis dan konsumen.

Desainer Web / Aplikasi

Meskipun karya desainer grafis mungkin juga untuk tujuan online, pada tingkat lanjut seorang desainer web membuat situs web sebagai penempatan karya ini ditampilkan. Mereka menggabungkan warna, grafik dan teks dengan cara mengatur materi situs web yang sederhana dan intuitif bagi pengguna. Pertumbuhan yang besar dalam aplikasi atau situs web ini dapat diartikan bahwa mereka dapat menyaring ide dan pesan ke ikon yang mudah dipahami dan sangat dibutuhkan.

Iklan

Desainer berpikir secara visual untuk membuat sebuah promosi iklan yang membantu merek produk. Mereka menggunakan keterampilan mereka untuk membuat logo dan ikon yang mungkin muncul dalam iklan cetak di majalah, kemasan produk dan iklan pop-up di situs web.

Editor video

Mereka yang memiliki latar belakang dalam desain komunikasi visual tidak hanya bekerja dengan gambar statis. Mereka juga bisa mengedit video untuk berbagai platform dan memiliki tujuan untuk membuat materi yang koheren dan menarik secara visual. Editor video, juga mencakup dalam proses produksi iklan hingga tutorial online. Yang dimulai dengan karya visual untuk kemudian menambahkan musik dan efek suara ke video tersebut.U

Jurnalis foto

Seperti kata pepatah, sebuah gambar bisa mewakili ribuan kata. Foto jurnalis dapat menangkap momen dalam waktu tertentu dan merangkum seluruh cerita. Sebuah karya foto jurnalis akan dapat menyampaikan pesan dari objek tersebut ke seluruh dunia.

Direktur Seni / Desain

Para profesional desain komunikasi visual ini menggunakan keahlian mereka di berbagai organisasi atau perusahaan. Dari penerbit atau agen komunikasi visual hingga organisasi nirlaba. Umumnya, mereka adalah orang-orang yang mengawasi desainer grafis dan website. Dengan menggunakan keterampilan kepemimpinan mereka untuk membantu menciptakan berbagai proyek komunikasi visual.

Manajer Komunikasi

Seringkali komunikasi visual menyatu dengan komunikasi verbal dalam suatu proyek tertentu. Para profesional yang memiliki banyak pengalaman ini harus mahir dalam menyampaikan pesan. Mulai dari laporan tahunan hingga artikel majalah yang disampaikan dalam kata-kata dan gambar.

Pendidikan Desain

Beberapa desainer komunikasi visual ingin berbagi pengetahuan dan visi mereka dengan generasi baru. Dengan lanskap yang terus berubah dari program dan aplikasi perangkat lunak, desainer baru dan berpengalaman harus selalu memperbarui keterampilan mereka. Pendidik di bidang desain komunikasi visual dapat memilih untuk mengajar kelas secara online atau di ruang kelas seperti mengajar pada umumnya.

Dalam dunia digital seperti ini, tidak mungkin memisahkan banyak hal dari yang namanya kecanggihan teknologi seperti di atas. Terutama desain komunikasi visual, menawarkan bidang jasa yang siap Anda kerjakan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tetapi untuk mempelajari hal tersebut, Anda tidak bisa memilih Universitas jurusan DKV secara sembarangan. Jangan khawatir, karena IDS Education menjawab semua tantangan yang ada untuk Anda.