Ajaran islam muncul sebagai salah satu langkah nyata untuk menjadi kompas sekaligus peta kehidupan umat akhir jaman. Ajaran islam ini sejatinya memunculkan nilai-nilai islami yang sangat baik untuk diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari. Nilai-nilai islam ini terpelihara dalam waktu yang lama dengan cakupan wilayah yang luas, termasuk di Indonesia. Pemeliharaan nilai-nilai islami ini terawat dengan sebaik-baiknya dalam institusi pendidikan, dari mulai pesantren, TK/SD/SMP/SMA/Perguruan Tinggi yang menerapkan nilai-nilai islam. Dari banyaknya lembaga pendidikan yang terus memilihara nilai-nilai islam ialah Islamic Boarding School (SMA) Dwiwarna.

Di bawahi oleh Yayasan Dwiwarna, SMA Dwiwarna mampu menjaga nilai-nilai islami dengan memberikan pembelajaran yang seimbang antara pendidikan umum dengan pendidikan agama. Pendidikan umum diwujudkan berupa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan mengikuti kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, dengan sistem ini diharapkan dapat melahirkan tamatan SMA yang baik dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi pilihan. Selain itu, Pendidikan agama pun diberikan di dalam dan di luar sekolah dengan mempelajari dasar-dasar agama Islam, seperti aqidah, syariah dan akhlak yang bersumber dari Al-Qur´an, As-Sunnah dan Ijtihad.

Islamic Boarding School
Islamic Boarding School

Pendidikan yang seimbang antara pendidikan umum dengan pendidikan agama, diharapkan mampu menjadi bekal siswa SMA Dwiwarna. Dalam kurikulum yang terintegrasikan ini, diharapkan dapat mencetak siswa yang memiliki daya saing dan memiliki karakter islami yang bersujud pada perintah alloh serta menjadi peduli bagi sesama manusia. Hal-hal seperti merupakan cara yang SMA Dwiwarna lakukan dalam menjaga nilai-nilai islami dalam masyarakat Indonesia yang penduduknya memiliki mayoritas agama islam.

Sebuah nilai tidak mungkin bertahan begitu lama serta tidak mungkin bertahan di banyak wilayah apabila tidak dipelihara dengan sebaik-baiknya. Islamic Boarding School ini sejatinya memiliki visi dan misi yang mengarah pada pemeliharaan serta pengembangan nilai-nilai islami. Dengan memasukan dasar-dasar agama seperti aqidah, syariah dan akhlak yang bersumber dari al-qur’an, sunnah dan ijtihad, SMA Dwiwarna beritikad untuk menjaga nilai-nilai islami yang diterapkan pada siswa. Saat nilai-nilai islam ini terbangun di negeri ini, alangkah indahnya kehidupan di negeri ini.