Resep Bumbu Gulai Kambing Special

Resep gulai kambing banyak dicari oleh ibu-ibu menjelang hari raya Idul Adha. Gulai adalah masakan yang diolah dengan bumbu rempah kuat dan bercitarata gurih, biasanya bahan dasar yang dapat digunakan dalam membuat gulai berupa daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan bahkan sayuran seperti nangka muda dan daun singkong dapat diolah menjadi gulai menggoda. Secara umum masakan gulai memiliki ciri khas bumbu rempah diantaranya kunyit, lengkuas, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih adas, pala, serai, kayu manis, dan jintan yang telah dihaluskan, kemudian dicampurkan satu sama lain dan dimasak dengan santan.

Di nusantara, gulai kambing tersebar luas terutama didaerah Jawa dan Sumatera. Sumatera sebagai daerah asal mengadopsi masakan kaya rempah seperti kari hingga menjadi gulai seperti yang kita kenal saat ini. Sebagai salah satu hidangan dasar di Minangkabau, gulai menempati tempat yang istimewa dengan kuah kental dan kuning yang menjadi ciri khas menu masakan di rumah makan padang. Di Jawa, gulai kambing disajikan dengan tambahan bumbu dan disajikan dalam keadaan hangat-hangat panas. Saat ini variasi gulai kambing bervariasi menyesuaikan kondisi diantaranya muncul varian gulai kambing Aceh, gulai kambing Jakarta, gulai kambing Jawa, gulai kambing Madura, gulai kambing koya, hingga gulai kambing tanpa santan. Nah, simak variasi resep gulai kambing dibawah.

Gulai Kambing Aceh

Di Aceh, daging kambing diolah menjadi Sie Kameng (daging kambing) yang di Nusantara lebih dikenal dengan sebutan kari kambing atau gulai kambing. Memiliki tekstur daging yang empuk terpadu dengan bumbu rempah yang sempurna sehingga menjadikan sie kameng begitu disukai. Resep gulai kambing spesialAceh adalah sebagai berikut.

  • Masukkanlah daging kambing bertulang yang telah dipotong kedalam bumbu yang telah dihaluskan, aduk merata. Bumbu halus terdiri atas 20 cabai merah besar, 1 sdt garam, 7 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, ½ sdm jahe cincang, 2 sdm ketumbar sangrai, 1 sdt jintan, 2 cm kayu manis, ½ sdm merica, 2 butir kapulaga, 3 buah cengkih dan 1 sdm kaskas sangrai.
  • Kemudian, tumislah bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  • Masukkan daging kambing berbumbu, serai, dan salam koja. Aduk rata hingga harum serta daging berubah warna menjadi putih pucat.
  • Terakhir, memasukkan santan, masak hingga daging empuk, kuah mengental serta berminyak. Angkat, sajikan.

Nah, itulah resep gulai daging istimewa dari tanah rencong, Aceh atau yang memiliki nama lokal Sie Kameng. Cukup mudah, bukan. Anda cukup mencari bumbu-bumbu dan bahan diatas kemudian memulai memasak. Usahakan memakai bumbu yang lengkap, ya, bumbu yang tidak lengkap akan membuat rasa sie kameng kurang sempurna.

Gulai Kambing Jakarta

Anda memiliki stok daging kambing di freezer? Bingung mau memasak menu apa? Gulai kambing Jakarta dapat menambah deretan resep gulai kambing Anda dengan rasa yang begitu menggoda. Tidak perlu berlama lama, simaklah langkah-langkah memasak gulai kambing jakarta.

  • Tumis bumbu halus terdiri dari 4 buah cabai merah besar segar, 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 4 buah kemiri sangrai, 2 sdt ketumbar sangrai, 1 sdt merica sangrai, 1 sdt jahe cincang, 10 butir adas manis sangrai, 1 sdt kunyit cincang, ¼ sdt jintan sangrai, ½ sdm lengkuas cincang. Dan tumis bumbu halus hingga harum.
  • Selanjutnya masukkanlah bumbu pelengkap berupa 3 buah cengkih, 5 cm kayu manis, 2 buah kapu laga,4 butir klabet,1 bagian putih serai dan 3 lembar daun jeruk. Aduklah hingga bumbu layu.
  • Masukkanlah 1 kg daging kambing yang telah dipotong-potong,aduk hingga merata dan berubah warna.
  • Tambahkan santan encer sebanyak 750 ml dan masak hingga santan mendidih.
  • Terakhir, masukkan 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa. Masak sambil sesekali diaduk dan tunggu hingga daging empuk. Tambahkanlah 2 sdt air asam dan 1 sdt garam. Koreksi rasa.

Selamat mempraktekkan resep gulai kambing Jakarta, jangan lupa untuk menambah tampilan dan rasa, Anda bisa menambahkan bawang merah goreng sebanyak 2 sdm. Sajikan gulai kambing Jakarta ketika masih hangat dan selamat menikmati hidangan spesial khas betawi di meja makan Anda.

Gulai Kambing Khas Jawa Barat

Di Jawa Barat, khususnya suku Sunda, Gulai biasa disebut dengan nama Gule. Masakan yang memiliki cita rasa gurih ini banyak penggemarnya, hampir disemua kalangan menyukai resep gulai khas Sunda ini. Berikut disajikan resep gulai kambing khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa unik, selamat mencoba.

  • Pertama, rebus potong 2 kg daging kambing. Jika sudah mulai berganti warna, buang air rebusan dan ganti yang baru. Rebus kembali dan angkat saat air rebusan menyusut
  • Haluskan 7 buah bawang merah, 7 siung bawang putih, 1 ruas jari jahe, 6 biji kemiri, 1 buku kunyit, 5 buah cabe merah tanjung, 1 sdm ketumbar, ½ sdm jinten, dan garam.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tunggu hingga berubah warna
  • Siapkan panci berisi air masukkan daging, potongan tomat, bumbu tumis, gula merah, daun salam, daun jeruk dan lengkuas
  • Terakhir, masukkan santan, aduk agar santan tidak pecah. Angkat saat kuah mengental dan berminyak.

Tak sulit untuk mempraktekkan resep gulai kambing khas Jawa Barat, bukan? Jika Anda orang Sunda dan telah lama merantau, gulai kambing khas Jawa Barat ini akan cukup mengobati rindu pada kampung halaman.

Gulai Kambing Khas Jawa Tengah

Dalam membuat gulai kambing, hal yang paling penting adalah saat memasukkan daging kambing serta saat merebus daging kambing tersebut. Proses perebusan daging yang salah akan menyebabkan daging kambing berbau prengus. Jadi masukkan daging kambing saat air benar-benar mendidih. Untuk mencoba membuat gulai kambing khas Jawa Tengah, simak resep gulai kambing berikut ini:

  • Pertama, haluskan semua bumbu halus berupa bawang merah 10 butir, bawang putih 4 siung, cabe rawit 6 buah, pala bubuk ½ sdt, ketumbar 2 sdm, jinten ½ sdt, Adas ½ sdt, kemiri 6 butir, jahe 2 cm, kunyit 2 cm, kablet ½ sdt, garam secukupnya.
  • Tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum dan wangi.
  • Masukkan kapulaga sebanyak 8 buah, cengkeh 10 butir, lengkuas 2 cm, daun salam 2 lembar, kayu manis 4 cm, daun jeruk purut 4 lembar, serai 2 batang.
  • Tuangkan santan kelapa yang telah diambil dari 2 buah kelapa. Aduk agar santan tidak pecah dan gunakan api sedang saat santan sudah dimasukkan.
  • Kemudian masukkanlah 1 kg daging kambing sambil diaduk terus hingga daging empuk dan bumbu meresap. Koreksi rasa resep gulai kambing yang Anda buat.

Citarasa dan aroma yang kuat hasil dari perpaduan rempah rempah Indonesia tentu menjadikan gulai kambing khas jawa ini begitu menarik. Penambahan cabai rawit di dalam gulai cukup mengakomodir bagi Anda yang menyukai pedas. Dengan hanya mencium aromanya, Anda tentu dapat membayangkan bagaimana rasanya saat disajikan dengan nasi hangat.

Gulai Kambing Khas Madura

Sama-sama bernama gulai kambing, setiap daerah memiliki resep gulai kambing yang berbeda-beda. Ada penambahan bumbu ataupun pengurangan disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat. Bahan rempah untuk membuat gulai kambing khas Madura tergolong sederhana jika dibandingkan dengan daerah lain, berikut disajikan resep gulai kambing khas Madura khusus untuk Anda.

  • Pertama, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan rempah-rempah. Terdiri atas Cabai, garam, kunyit, bawang puith, ketumbar, jintan, serta asam yang dihaluskan, batang serai dan jahe geprek, kayu manis dan cengkeh.
  • Tambahkan pula daun salam dan daun jeruk purut sesuai selera. Tumis hingga aroma bumbu keluar.
  • Selanjutnya masukkan daging kambing yang telah dipotong dimasak hingga benar-benar lunak
  • Siapkan wadah lain, rebuslah santan sebentar agar masak lebih cepat saat dimasukkan ke daging kambing yang telah lunak sebelumnya.
  • Terakhir, angkat santan dan masukkan kedalam tumisan daging kambing yang telah empuk. Aduk sebentar, koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

Bagi Anda yang mungkin masih pemula dalam urusan memasak masakan gulai, atau mungkin Anda mengingikan resep gulai kambing yang cukup mudah dan sederhana, gulai kambing khas Madura bisa menjadi opsi masakan Anda saat Idul Adha. Memang banyak warung-warung kuliner yang menyediakan olahan gulai kambing, tapi tidak inginkah Anda mencoba memasak daging kambing dengan tangan Anda sendiri?

Gulai Kambing Khas Jawa Timur

Di Jawa Timur, gulai kambing lebih dikenal dengan sebutan becek. Terdiri dari potongan daging kambing yang dimasak dengan santan kuning yang kental dan berminyak. Berikut adalah resep gulai kambing  khas Jawa Timur.

  • Pertama didihkan 4000ml air dan masukkan 2 kg daging kambing, tambahkan daun jeruk, daun salam, kayu manis dan cengkeh
  • Tumis serai, bawang bombay hingga harum. Masukkan bumbu halus berupa bawang merah 10 buah, 5 siung bawang putih, 1 sdm lada, 1 sdt kelabet, 1 sdm ketumbar, 1 sdt jinten hitam, 5 butir kapulaga hijau, 5 cm lengkuas, 3 cm jahe, 3 cm kunyit dan 1/8 pala.
  • Tuang bumbu tumis kedalam panci berisi daging, masak hingga empuk
  • Terakhir tuang 250 ml santan kental, tunggu mendidih kemudian agkat

Gulai kambing khas Jawa timur ini cocok sekali disajikan denga bawang goreng, acar atau asinan. Gulai kambing khas Jawa Timur memiliki tampilan warna yang pekat dengan rempah kuat. Jangan lupa makan bersama sambal kecap dan kerupuk. Selamat mencoba.

Gulai Kambing Pedas

Bagi Anda yang menyukai masakan dengan rasa pedas, resep gulai kambing pedas ini patut masuk kedalam list jadwal masak Anda. Resep dan cara membuat gulai kambing dengan racikan bumbu kuah pedas adalah pilohan yang tepat untuk menggugah selera makan Anda sekeluarga. Anda penasaran? Berikut adalah resepnya.

  • Tumis harum bumbu halus berupa 2 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 6 buah cabai merah, 3 cm kunyit bakar, 1 sdt ketumbar, ½ sdt jintan
  • Masukkan 250 gr daging kambing, serai, 1 lembar daun kunyit, 5 cm jahe, 3 buah pokak, 3 butir kapulaga dan 4 cm kayu manis.
  • Tuang 600 ml santan encer, tunggu hingga daging empuk
  • Tambahkan garam dan 200 ml santan kental, masak hingga bumbu meresap sempurna. Kemudian angkat

Nah, resep gulai kambing pedas ini cukup sederhana untuk Andra praktekkan, bahkan bagi pemula sekalipun. Sajikan gulai kambing pedas dengan roti jala atau nasi hangat. Bagaimana rasanya? Sedap, bukan.

Gulai Kambing Tanpa Santan

Anda mungkin termasuk orang yang menghindari konsumsi santan? Entah dengan alasan kesehatan atau memang kurang suka dengan kuah-kuah santan. Resep gulai kambing  memang identik dengan penggunaan santan, akan tetapi ada beberapa kreasi gulai kambing tanpa santan yang rasanya tetap enak dan segar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Potong 1 kg daging kambing sesuai selera, ambil bagian kambing yang ada tulang dan gajihnya
  • Tumis bumbu halus yang terdiri atas 7 siung bawang putih, 11 buah bawang merah, 5 biji kemiri, 1 jari jahe, 1 jari laos, 1 ruas kunyit, sejumput jinten dan garam
  • Tambahkan juga sereh, daun jeruk, daun salam, cengkeh dalam tumisan Anda, tumis hingga harum.
  • Masukkan daging kambing, masak kurang lebih 15 menit.
  • Masukkan air, aduk rata. Tunggu hingga air menyusut dan daging empuk (kurang lebih 1 jam). Angkat dan sajikan.

Sajikan gulai dengan taburan bawang merah goreng, jangan lupa dengan kecap juga sambal untuk menambah selera makan. Makan selagi hangat untuk mendapatkan rasa yang sempurna. Bagaimana, tertarik untuk mempraktekkan resep gulai kambing tanpa santan?

Gulai kambing bumbu Koya

Bumbu gulai kambing dengan ditambahi bubuk koya sebenarnya merupakan resep gulai yang sebenarnya berasal dari Arab. Dengan rasa yang pekat layaknya masakan khas Arab lain, gulai kambing bumbu koya ini menjadi varian masakan yang berbeda dibanding gulai kambing pada umumnya. Tertarik untuk mencoba resep gulai kambing koya, simak ulasannya berikut.

  • Potong 1 kg daging kambing, bersihkan dan taruh didalam panci
  • Tumis bawang bombai dan bumbu halus berupa 6 biji bawang merah, 6 siung bawang putih, 10 biji cabe merah kering, 6 cm lengkuas, 5 cm kunyit, 8 cm jahe. Beri bubuk gulai 2,5 sdm
  • Masukkan bumbu tumis kedalam daging, tambahkan bubuk koya, aduk dan jangan lupa beri garam, gula, air dan asam secukupnya
  • Tuanglah air panas kedalam masakan, sesuaikan kekentalan dengan selera Anda
  • Terakhir, tunggu masakan hingga benar-benar matang dan empuk. Jangan lupa koreksi rasa

Dengan penambahan bumbu gulai dan bubuk koya masakan gulai kambing Anda akan lebih kaya rasa. Untuk hasil yang sempurnya, gunakan banyak rempah termasuk jahe dan merica agar masakan Anda benar-benar lezat. Jangan lupa masukkan resep gulai kambing ini kedalam list menu Anda, ya.

Momen hari raya Idul Adha identik dengan olahan khas berbahan dasar daging kambing dengan santan yang kental dan bau rempah yang kuat.  Keberadaan daging kambing pada saat hari raya qurban membuat mereka mencari variasi-variasi olahan berbahan kambing. Salah satu yang banyak dipilih adalah mengolah daging kambing menjadi gulai kambing yang nikmat. Beragam resep gulai kambing diatas dapat menjadi referensi masakan Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *