Kebanyakan dari Anda pasti berpikir bahwa lumpia merupakan salah satu jenis gorengan yang pasti mengandung banyak minyak. Namun jangan khawatir, anak Anda tetap bisa menikmati lumpia lezat dan sehat tanpa kandungan minyak berlebih. Caranya yaitu dengan membuat lumpia sayur tanpa digoreng. Adapun resep memasak lumpia sayur sehat tersebut yaitu sebagai berikut:

Bahan untuk lumpia:

Kulit lumpia yang sudah jadi 12 lembar

Brokoli 3 buah

Daun selada 3 lembar

Paprika 2 buah

Timun 3 buah

Wortel 4 buah

Udang rebus 24 buah (jangan lupa buang kulitnya)

Daun mint secukupnya

lumpia sayur
lumpia sayur

Bahan untuk saus:

Air lemon 2 sdm

Air 1 sdm

Gula 1 sdt

Bubuk cabai 1 sdm

Bubuk bawang 1 sdm

Saus ikan 1 sdm

Parutan jahe 1 sdt

Cara membuat lumpia:

1. Pertama, ambil 1 lembar kulit lumpia kemudian letakkan di atas piring.

2. Susun daun selada paling bawah, kemudian tumpuk dengan wortel, timun, brokoli, paprika, udang rebus, dan daun mint (potong sayur dalam bentuk memanjang).

3. Gulung kulit lumpia hingga habis kemudian rekatkan dengan cara ditekan perlahan. Anda juga bisa merekatkan kulit lumpia dengan tepung yang dicampur sedikit air jika takut rekatan yang dibuat dengan tangan tidak kuat.

4. Setelah itu, tinggal membuat saus agar makanan sehat ini bisa dinikmati.

Cara membuat saus:

Cara membuat saus untuk lumpia sayur tanpa digoreng ini sangat mudah. Karena yang digunakan adalah sayuran segar yang tidak dimasak maka Anda harus membuat saus dengan baik agar anak mau memakannya.

Cara membuat sausnya yang pertama yaitu memasukkan seluruh bahan untuk membuat saus yang sudah Anda siapkan sebelumnya ke dalam wajan. Campur seluruh bahan dengan cara diaduk-aduk rata. Jika dirasa semua bahan sudah masak, maka Anda bisa langsung mengangkatnya kemudian diamkan hingga dingin.

Itulah resep lumpia sayur sehat tanpa digoreng yang bisa Anda ikuti. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Dengan resep tersebut, Anda tetap bisa menyajikan menu sehat untuk anak tanpa takut terkena efek buruk dari minyak goreng. Tidak hanya anak saja, Anda juga bisa menjadikan menu ini sebagai menu sehat yang dikonsumsi seluruh keluarga. Semoga bisa membantu dan selamat mencoba.