Menyantap makanan favorit bersama anggota keluarga merupakan moment yang paling asyik dan berharga, apalagi disaat lebaran semua anggota keluarga berkumpul dan bersilaturahmi bersama. Hidangan di saat lebaran biasanya banyak menyajikan berbagai pilihan, seperti kue, opor, dan lainnya.

Jika Anda merasa bosan dengan kue nastar saat lebaran, Anda bisa coba Resep Kue Lebaran khas Makassar yaitu Kue Taripang. Kue yang satu ini jika Anda sajikan saat lebaran nanti pasti berbeda dari yang lain dan tentunya dari rasa tak perlu diragukan lagi. Berikut ini bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

Resep Kue Lebaran
Resep Kue Lebaran
  • 200 gr tepung ketan hitam atau putih
  • ½ butir kelapa parut
  • 150 ml santan cair yang mendidih
  • 1 sdt garam

Membuat Gula Salut:

  • 25 gr gula pasir Gulaku
  • 225 gr gula merah
  • 50 ml air

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah, campurkan semua bahan dan tuangkan santan sedikit demi sedkit.
  2. Terus uleni sampai bisa dibentuk bulat mirip telur dan pipihkan, Anda bisa membentuk sesuai selera atau berbentuk oval seperti teripang.
  3. Jika semua adonan sudah dbentuk, siapkan minyak panas dan goreng sampai kecoklatan, kemudian tiriskan.
  4. Untuk gula salut, siapkan panci untuk merebus, masukan gula merah, gula pasir dan air sampai larut, berbuih dan kental, kecilkan api dan maskan teripang goreng tadi, aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  5. Kue teripang sudah jadi dan siap untuk disajikan.

Dilihat dari bahan dan proses pembuatannya memang tidak jauh berbeda dari gemblong atau jalabria (orang sunda menyebutnya), meskipun begitu, beda nama beda pula bahan yang digunaknnya. Makanan ini cocok untuk disajikan saat lebaran, karena rasanya yang manis juga proses pembuatannya pun tidak begitu sulit.

Resep Kue Lebaran yang satu ini tentu menjadi makanan favorite semua orang, khususnya bagi masyarakat Makassar yang identik dengan makanan daerahnya yang terkenal. Anda bisa mempraktekannya di rumah dengan mudah untuk sajian lebaran nanti.