Jika Anda datang ke kota Jogja maka hukumnya memang wajib untuk berjalan-jalan di kawasan Malioboro. Kawasan ini memang sangat ramai baik oleh wisatawan dalam negeri atau luar negeri. Bahkan banyak juga penduduk Jogja yang selalu menghabiskan waktu santai di tempat ini.

Ya, Malioboro merupakan salah satu wisata Jogja hits sejak lama. Sekarang kawasan Malioboro memang sudah tertata rapi dan sangat nyaman untuk jalan-jalan. Tapi agar Anda lebih nyaman lagi, coba dulu tips dibawah ini.

1.Menyusuri Malioboro dengan Jalan Kaki Cara pertama untuk menikmati jalan Malioboro adalah dengan berjalan kaki. Jika Anda mengendarai kendaraan maka parkir dulu di kantung parkir yang sudah tersedia. Setelah itu jalan kaki untuk mengunjungi toko-toko yang ada di sisi kanan dan kiri jalan.

Kawasan ini memang sangat ramai dan jalan pada bagian tengahnya memang lebih macet. Jadi rugi jika Anda ingin berkeliling dengan motor dan mobil. Selain itu di setiap sudut sudah ada kursi taman untuk istirahat. Jadi jika lelah bisa istirahat sambil menikmati es krim atau es dawet.

2.Gunakan Google Maps
Jika Anda belum tahu dimana kawasan jalan Malioboro berada, maka Anda bisa mencarinya. Anda bisa menyusuri dari Google Maps jika tidak ingin bertanya pada orang. Mengapa kami sarankan lebih mengandalkan Google Maps daripada bertanya ke orang secara langsung? Karena jalan-jalan di sini cukup membingungkan, banyak jalan kecil, dan jalan satu arah. Jadi lebih baik mencarinya dengan Google Maps.

3.Jangan Malu untuk Menawar
Jika Anda ingin membeli baju atau suvenir di jalan Malioboro maka lebih baik untuk menawarnya sampai dapat. Pedagang di kawasan ini rata-rata menjual barang dengan harga yang sama, jadi itu memang aturan standar dari pedagang. Tapi Anda masih tetap bisa menawar harga barang sampai setengah harga. Jika tidak boleh maka tinggal saja, karena Anda masih bisa menemukan di tempat pedagang lain.

Nah untuk menawar maka jangan sampai malu. Cara lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah dengan membeli lebih banyak. Anda bisa berkelompok dengan teman jadi bisa dihitung harga grosir. Pedagang di sini rata-rata sangat ramah sehingga mereka tidak marah jika harga barang ditawar.

4.Kunjungi Tempat Sekitar Malioboro Di dekat Malioboro maka Anda juga bisa mengunjungi tempat – tempat lain yang menarik. Misalnya pusat produksi pengolahan kue bak pia yang ada di belakang Malioboro. Atau Anda bisa berkeliling di pasar Beringharjo untuk membeli oleh-oleh. Bahkan Anda bisa datang ke Benteng Vredebrug yang sering mengadakan pameran seni dan budaya juga karya-karya mahasiswa. Jika lelah Anda bisa menikmati secangkir kopi dan teh yang ditawarkan oleh cafe-cafe di sekitar kawasan ini.

Jadi itulah cara yang paling nyaman untuk berwisata di Malioboro.